ADVERTISEMENT

Pedagang Bakpau Tewas Usai Terrtabrak Truk Fuso yang Tak Kuat Nanjak, Begini Tanggapan Pengamat Transportasi

Minggu, 11 September 2022 23:20 WIB

Share
Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio. (ist)
Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Transportasi, Agus Pambagio menanggapi terkait sopir truk fuso yang tabrak pedagang bakpau di depan Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga tewas.

Diketahui, sopir berinisial SH (30) tabrak seorang pedagang bakpau AN (42) lantaran saat itu truk yang dikemudinya tak kuat menanjak jalan Jakarta - Bogor di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (10/9) sekira pukul 19.45 WIB.

"Menurut saya itu sopirnya perlu diliat kenapa bisa mundur, trus kenapa gabisa liat, apakah dia ngantuk apa gimana, apa remnya blong karena truknya odol," ujar Agus saat dikonfirmasi, Minggu (11/9/2022).

Selanjutnya, kata Agus, jika saja seorang sopir tersebut mengalami masalah saat mengemudi, polisi perlu menindaknya.

"Kalo truknya odol ya polisi harus tindaklah," kata dia.

Namun demikian, Agus lebih menekankan kepada seorang pedagang bakpau tersebut. Pasalnya, lokasi yang dijadikan pemberhentian AN itu merupakan jalur lalu lintas yang padat.

Menurut Agus, jalur tersebut merupakan jalur yang sering di lalui mobil besar dan yang lainnya. Ia menjelaskan, lokasi tempat kejadian perkara (TKP) itu memang sering digunakan pengemudi mobil untuk keluar dan masuk jalan tol.

"Iya itu kan jalur utama bisa saja dia (sopir truk) keluar dari tol dan gak masalah. Yang jadi persoalan itu kenapa dia dagang di pinggir jalan. Itu kan lalu lintas mau ke ngedrop orang naik MRT," ucap Agus.

"Trus menurut saya kenapa itu tukang bakpau jualan di pinggir jalan kan itu tidak di trotoar dia dipinggir jalan. Karena trotoarnya untuk orang jalan atau lewat ya pasti sangat berbahaya lah," lanjut dia.

Agus pun menjelaskan, bahwa menurutnya, jika sopir truk itu tidak dalam kondisi kurang baik dalam berkendara. Sopir truk itu tidak sepenuhnya salah.

Pasalnya, jalur yang menjadi TKP itu memang jalur lalu lintas yang padat.

"(Sopir) Gaada masalah itukan jalur tol dan mau masuk tol karena," tutup Agus.

Sebelumnya, Seorang pedagang makanan bakpau tewas usai tertabrak Truk Fuso yang tak kuat jalanan menanjak di depan Terminal MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (10/9/2022) sekira pukul 19.45 WIB.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Sigit Prabowo mengatakan, bahwa seorang pedagang berinisial AN (42) itu tengah duduk di bahu jalan kawasan Terminal MRT Lebak Bulus.

"(Korban tewas) Ada pada Seorang pedagang yang sedang duduk dipinggir jalan dengan dagangannya yang bernama AN," ujar Sigit dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/9/2022).

Diketahui, truk fuso boks yang dikemudi oleh SH (30) tengah melaju dari arah utara ke selatan di jalan Jakarta - Bogor di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan.

Saat itu, truk fuso tersebut tetiba jalan mundur dan akhirnya menabrak AN yang tengah berhenti menjajakan dagangannya di bahu jalan.


"Tepatnya depan  Terminal MRT Lebak bulus  pas ditanjakan,  berjalan mundur karena tidak kuat menanjak, lalu menabrak korban yang sedang duduk dipinggir jalan," kata Sigit.

Korban langsung mengalami luka berat hinga dilarikan ke Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Namun demikian, nyawa AN tak tertolong.

"Dugaan sementara kecelakaan, masih dalam proses penyelidikan," tukas Sigit. (zendy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT