ADVERTISEMENT

Dua Penerbang TNI AL yang Alami Kecelakaan Sudah Ditemukan, Kasal: Kondisi Jenazah Duduk di Kursi dan Terikat Seatbealt

Kamis, 8 September 2022 20:48 WIB

Share
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat memaparkan peswat latih  G-36 Bonanza T-2503. (rizal)
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat memaparkan peswat latih  G-36 Bonanza T-2503. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan Pesawat Latih G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di wilayah perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) Perairan Selat Madura antara Kabupaten Bangkalan Madura dan Gresik telah berhasil ditemukan.

Pesawat berhasil diangkat oleh unsur Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang terlibat dalam operasi pencarian pesawat.

"Alhamdulillah, pesawat G-36 Bonanza T-2503 yang kemarin mengalami kecelakaan pagi tadi sekitar pukul 10.00 wib sudah ditemukan dan diangkat dari kedalaman 14 meter dibawah dasar laut," kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (8/9/2022).

Yudo menyebut, dua penerbang terbaik TNI Angkatan Laut, yaitu, Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Copilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti Sabila sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Kondisi jenazah dua-duanya masih terlentang duduk di kursi dan masih terikat seatbealt sehingga tadi pagi baru diangkat dan semuanya sudah, jadi dua personel copilot dan pilot sudah diangkat," ujarnya.

Yudo mengatakan seluruh bangkai pesawat sudah bisa diangkat. 

"Kita memang punya alat, KRI yang angkat. Berat pesawat latih Bonanza ringan sehingga bisa diangkat semuanya," tuturnya.

Untuk diketahui, musibah kecelakaan jatuhnya Pesawat Udara (pesud) jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut tersebut terjadi pada hari Rabu 07 September 2022 sekitar pukul 09.00 WIB di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) yaitu di Perairan Laut Selat Madura (antara Kab. Bangkalan Madura dan Gresik). 

Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan Latihan pertahanan pangkalan Air Defence Exercise (ADEX) Siaga Armada II dengan unsur-unsur KRI di jajaran Koarmada II. (rizal)

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT