ADVERTISEMENT

Tiongkok Meradang Usai AS Jual Senjata Pada Taiwan

Jumat, 9 September 2022 07:00 WIB

Share
Tan Kefei
Tan Kefei

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TIONGKOK, POSKOTA.CO.ID - Penjualan senjata baru Amerika Serikat pada Taiwan ditentang keras Tiongkok.

Di samping itu Tiongkok meminta Washington segera menghentikan kontak militernya dengan Taiwan.

Beijing menilai Taiwan sebagai bagian tak terpisahkan darinya dan memperingatkan segala bentuk langkah intervensif Barat untuk memisahkan pulau ini dari Tiongkok.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Tan Kefei dalam pernyataannya menyebut penjualan senjata Amerika Serikat pada Taiwan melanggar “Kebijakan Satu Tiongkok”.

Dia menambahkan penjualan senjata ke Taiwan dilakukan dengan tujuan intervensi urusan internal Tiongkok dan melemahkan kedaulatan Beijing. Juga akan mempertajam ketegangan di seluruh Selat Taiwan. Demikian China Daily melaporkan pada Rabu (7/9/2022).

Sikap Kementerian Pertahanan Tiongkok mengemuka ketika Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat pada Sabtu lalu mengesahkan penjualan sebuah paket senjata senilai 1,1 miliar dolar kepada Taiwan dan mengklaim pengokohan kemampuan pertahanan kepulauan ini di tengah ketegangan dengan Tiongkok.

Amerika Serikat meloloskan penjualan paket senjata kepada Taiwan pasca satu bulan kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT