ADVERTISEMENT

Resmikan Dua Gereja di Jakarta, Gubernur Anies: Untuk Menghadirkan Rasa Kesetaraan dan Menambah Kerukunan Antar Umat Beragama

Minggu, 4 September 2022 08:49 WIB

Share
Gubernur Anies Baswedan saat meresmikan Gereja di Jakarta,  Sabtu, 3 September 2022.. (Foto: Pemprov DKI)
Gubernur Anies Baswedan saat meresmikan Gereja di Jakarta,  Sabtu, 3 September 2022.. (Foto: Pemprov DKI)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan dua Gereja, di Kawasan Jakarta Utara pada, Sabtu, 3 September 2022. Adapun Gereja yang diresmikan yaitu, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jelambar Timur di Penjaringan dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Yordan Gading Griya Lestari di Cilincing.

Menurut Gubernur Anies, hal itu dilakukan untuk menghadirkan rasa kesetaraan antar umat beragama di DKI Jakarta.

"Ini bisa menjadi satu contoh dan menjadi gambaran bagaimana kita bisa hidup bersama dan bersatu. Untuk menuju persatuan dan kesatuan Indonesia, setiap pribadi harus mengamalkan sikap toleransi dan sikap kesetaraan dalam semua aspek," ujar Anies dalam keterangan, dikutip, Minggu, 4 September 2022.

"Maka, selanjutnya akan muncul rasa keadilan, sehingga akan terbentuknya rasa  persatuan. Pada akhirnya, kita juga ingin persatuan ini akan berkelanjutan," sambungnya.

Anies juga berhadap, para jemaat baik dari GBI Jelambar Timur maupun GPdI Jemaat Yordan Gading Griya Lestari mampu terlibat secara signifikan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menilai jika peresmian gedung ibadah di samping bertujuan untuk memberikan rasa kesetaraan dalam beribadah, juga diharapkan dapat membangun semangat para jemaat yang semakin tumbuh serta terpacu dalam berbuat kebajikan.

"Harapannya, gereja ini menjadi sebuah tempat yang dirasakan kebermanfaatannya bagi lingkungan sekitar. Kami pun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Anies.

Sebab, hal ini penting untuk menjaga keselarasan dengan lingkungan sekitar dan tata ruang Jakarta. Sehingga, kata dia, menjaga kerukunan antarumat beragama diaharapkan mampu semakin menambah kedamaian dan keteduhan Jakarta.

Perlu diketahui, pembangunan GBI Jelambar Timur ini dilakukan secara swadaya oleh para jemaat. Sementara itu, untuk GPdI Jemaat Yordan Gading Griya Lestari selain didapatkan dari swadaya jemaat, juga mendapat dana Hibah dari Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 250.000.000.

Peresmian kedua rumah ibadah ini turut dihadiri oleh Asisten Kesejahteraam Rakyat Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto, Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta, Dede Rosyada, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarat di Jakarta Utara. (Aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT