Keras! Tanggapi Soal Kenaikan BBM, PKS Sebut Pemerintah Cekik Rakyat: Benar-benar Tidak Punya Empati

Minggu, 4 September 2022 19:37 WIB

Share
Petugas SPBU memasang plang harga BBM baru. (andi adam faturahman)
Petugas SPBU memasang plang harga BBM baru. (andi adam faturahman)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi IX DPR asal PKS, Netty Prasetiyani Aher menilai, keputusan pemerintah tetap menaikkan harga BBM Bersubsidi ini sama saja mencekik rakyatnya sendiri. 

"Pemerintah benar-benar tidak memiliki empati. Kenaikan harga BBM Bersubsidi akan mencekik masyarakat miskin yang sudah terhimpit beban hidup akibat efek pandemi yang belum tuntas," kata Netty merespon pengumuman kenaikan BBM oleh pemerintah, Minggu, 6 Agustus 2022.

Menurut Netty, imbas kenaikan BBM memiliki efek domino terhadap kenaikan harga barang pokok dan berbagai komoditas sehingga keluarga pra sejahtera yang menjadi wajah 'wong cilik' makin sulit memenuhi kebutuhan gizi keluarga. 

Selain itu, kata Netty, upaya pemerintah dalam berbagai program nasional, seperti, penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu, terancam gagal karena rakyat tidak memiliki daya beli yang cukup.

 

Lebih lanjut Netty mengatakan, par pekerja sektor informal seperti petani, nelayan, UMKM, sopir angkutan, pedagang keliling akan semakin sulit bertahan hidup akibat kenaikan BBM bersubsidi.

Kebijakan pemerintah memberikan bantalan berupa bantuan subsidi upah atau pun BLT, kata Netty, tidak sebanding dengan dampak kenaikan BBM bersubsidi.

"Ini penyelesaian instan yang tidak efektif menutup dampak kenaikan," kata Netty yang juga Ketua DPP PKS Bidang Kesejahteraan Sosial. 

Menurut Netty, Pemerintah seharusnya mencari terobosan untuk menambah anggaran dengan melakukan penghematan, menekan kebocoran, dan menunda pengeluaran pos infrastruktur yang tidak mendesak. 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga terbaru BBM bersubsidi dan non-subsidi itu mulai berlaku pada Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar