ADVERTISEMENT

Dukung Program Tol Laut, Kemenhub Anggarkan Rp1,59 Triliun untuk 158 Trayek

Jumat, 2 September 2022 09:42 WIB

Share
lustrasi Tol Dalam Laut (foto/ist)
lustrasi Tol Dalam Laut (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,59 triliun untuk mendukung penyelenggaraan program tol laut di 2023.

Anggaran tersebut untuk 158 trayek yang terdiri dari angkutan tol laut, perintis dan ternak.

"Rinciannya anggaran Rp1,59 triliun ini dibagi dalam 35 trayek tol laut, 117 trayek perintis, dan enam trayek angkutan ternak," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha dalam keterangannya, Kamis, (1/9/2022).

Kata Arif, Ditjen Perhubungan Laut terus berupaya untuk meningkatkan konektivitas transportasi laut di Indonesia melalui sejumlah program. Salah satunya adalah program angkutan tol laut.

Hingga Agustus 2022, lanjut Arif, realisasi angkutan tol laut mencapai 13.059 TEUs untuk muatan berangkat dan sebanyak 4.679 TEUs untuk realisasi muatan balik.

Sedangkan untuk angkutan laut perintis tercatat realisasi penumpang sebanyak 443.685 orang dan 51.614 ton muatan atau barang yang dilayani oleh PT Pelni di 44 trayek.

Sementara untuk kapal perintis swasta di 73 trayek, tercatat jumlah realisasi penumpang sebanyak 180.185 orang dan 797.077 ton muatan atau barang.

Sesuai Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 yaitu meningkatkan produktivitas untuk transportasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kata Arif, maka Kemenhub juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,82 triliun untuk pembangunan dan pengembangan Pelabuhan.

Pada 2023, lanjut Arif, program kerja Kementerian Perhubungan di sektor pelabuhan di antaranya adalah pengembangan fasilitas pelabuhan di 19 lokasi; penyelesaian fasilitas pelabuhan di lima lokasi; penggantian fasilitas pelabuhan di tiga lokasi; rehabilitasi fasilitas pelabuhan di 15 lokasi; pembangunan pelabuhan Patimban dan emergency assistance loan for rehabilitation and rekonstruction Pelabuhan Patoloan, Donggala dan Wani.

"Pembangunan pelabuhan sebanyak 46 lokasi yang meliputi pengembangan dan penyelesaian pelabuhan, fasilitas pelabuhan dengan anggaran sebesar Rp1,82 triliun pada tahun 2023 sebagai bagian dari rencana strategis Ditjen Perhubungan Laut," ujar Arif. (Wanto)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT