Dilindungai LPSK, Bharada E Tetap Dihadirkan dan Bertemu Ferdy Sambo saat Rekonstruksi di Dua TKP Kasus Pembunuhan Brigadir J

Selasa, 30 Agustus 2022 10:39 WIB

Share
Kolase foto Putri Candrawathi, Bhadara E (Richard Eliezer), dan Ferdy Sambo (Foto: ist.)
Kolase foto Putri Candrawathi, Bhadara E (Richard Eliezer), dan Ferdy Sambo (Foto: ist.)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Hari ini Penyidik Bareskrim Polri menggelar rekonstruksi di dua lokasi terkait  pembunuhan Brigadir J. Kasus ini merupakan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Saat digelarnya rekontruksi ini, Polri rencananya bakal menghadirkan kelima tersangka yang telah ditetapkan. Termasuk Bharada E tetap dihadirkan yang kini statusnya dilindungi LPSK. 

Juru Bicara Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Rully Novian mengatakan, bahwa sejatinya Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias RE (Bharada E) hari ini tetap hadir dalam rekontruksi tewasnya Brigadir J.

"Bharada E hadir di rekonstruksi hari ini," ujar Rully saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/8/2022).

Tak hanya itu, Bharada RE pun sejauh ini masih dalam perlindungan sebagai tersangka. Pasalnya, ia hanya mendapat suruhan dari atasannya. Sebagai anggota kepolisian memang, jika atasan menyuruh maka bawahan harus ikut perintahnya.

"Ya perlindungan melekat 24 jam artinya dari keluar rutan, bawa ke mobil bawa ke kita kawal masuk ke mobil, ke lolasi kontruksi kita amankan kita kawal lagi di dalam rekontruksi kita kembalikan ke rutan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Manager Nasution menyarankan agar gelar rekontruksi yang bakal dilakukan oleh Tim Khusus (Timsus) Mabes Polri esok, tak jadi mempertemukan langsung Irjen Ferdy Sambo dengan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E.

Sebab, ujar Manager, hal tersebut dilakukan LPSK demi pertimbangan psikologis Bharada E yang saat ini telah sepakat untuk menjadi sosok Justice Collaborator (JC) dalam kasus pembunuhan yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Josua Hutabarat alias Brigadir J.

"LPSK berpandangan, demi pertimbangan psikologis, sebaiknya E tidak bertemu dengan FS. Apalagi dalam jarak dekat. Apalagi kalau E tidak mau bertemu FS," kata Manager kepada wartawan, Senin (29/8/2022).

Karenanya, dia akan mencoba berkoordinasi dengan pihak Ferdy Sambo serta Mabes Polri guna mempertimbangkan sosok Bharada E di giat rekontruksi esok hari, digantikan perannya oleh orang lain. (Zendy)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar