ADVERTISEMENT

Simak! Hasil Survei Capres, Anies Baswedan di Bawah Prabowo dan Ganjar Pranowo

Senin, 29 Agustus 2022 16:56 WIB

Share
Kolase foto Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo (Foto: ist)
Kolase foto Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo (Foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi yang tertinggi. Ini tampak dari hasil survei Indonesia Survey Center (ISC) pada Agustus 2022.

"Elektabilitas tertinggi itu masih dipegang oleh Prabowo Subianto dengan 30,4 persen elektabilitasnya," kata peneliti senior ISC Chairul Ansari dalam rilis surveinya secara daring, Senin 29 Agustus 2022.

Di posisi kedua, bertengger Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 19,1 persen, disusul Anies Baswedan sebesar 13 persen. Berikutnya, terpaut jauh dari tiga tokoh tersebut adalah Ridwan Kamil yang berada di peringkat keempat dengan elektabilitas 3,4 persen.

"Prabowo masih meraih kepercayaan publik dengan meraih angka elektabilitas sebesar 30,4. Disusul oleh Ganjar 19,1 persen dan Anies 13,0 persen. Prabowo secara perlahan tembus 30 persen. Dukungan ini menunjukkan kecenderungan kepercayaan publik semakin membesar kepada Prabowo untuk menjadi pengganti pasca Presiden Jokowi lengser. Sementara Ganjar dan Anies masih stagnan di bawah angka 20 persen karena ketiadaan kepastian dukungan dari Parpol dan mungkin seiring naiknya kepercayaan diri Parpol untuk mengusung kadernya sendiri," katanya. 

Di posisi kelima terdapat sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 3,2 persen. Sementara, menyusul sosok Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 3 persen.

Berikutnya, Khofifah Indar Parawansa sebesar 2,8 persen. Disusul, Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 2,5 persen. Di posisi kesembilan, terdapat sosok Erick Thohir dengan elektabilitas sebesar 1,6 persen, dan selanjutnya Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto yang sama-sama mendapat elektabilitas sebesar 1 persen.

Untuk diketahui, survei ISC ini dilakukan pada tanggal 9-19 Agustus 2022 di 34 Provinsi Indonesia. Adapun, jumlah sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 1.520 responden.

Sementara, teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada survei ini adalah multistage random sampling, dengan menerapkan margin of error sebesar 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (wanto)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT