Ngeri! Tebing Diterjang Longsor, Akses Jalan Alternatif Gadog-Gunung Geulis Bogor Terhambat

Sabtu, 27 Agustus 2022 23:38 WIB

Share
Tebing longsor di Bogor. (dokumen bpbd Kabupaten bogor)
Tebing longsor di Bogor. (dokumen bpbd Kabupaten bogor)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Diterjang hujan deras dengan intensitas tinggi sebabkan tebing di Jalan Alternatif Gadog-Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat, tertutup longsor, Sabtu (27/8/2022).

Staff Kedaruratan dan Logistik (Ratik) pada BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin mengatakan, longsor tersebut terjadi di Kampung Cimulang, RT 2/RW 2, Desa Cibanon, Kecamatan Sukaraja, pada pukul 18.00 WIB.

"Adapun penyebab longsor tersebut diduga karena hujan dengan intensitas yang tinggi dengan durasi yang cukup lama," ungkapnya melalui keterangan tertulis. 

Akibat Intensitas hujan yang tinggi, kata Jalal, tebingan di sekitar jalan alternatif tersebut longsor. 

"Durasi yang cukup lama menyebabkan tebingan longsor dengan rincian longsoran tinggi 10 meter dan Panjang 8 meter," paparnya.

Walaupun longsor mengakibatkan akses jalan alternatif tersebut longsor, namun beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 

"Untuk saat ini, Tim TRC Dibantu Babinkantibmas, Babinsa, Aparat Desa dan warga setempat sedang melakukan upaya pembersihan untuk membuka akses jalan supaya dapat dilalui kendaraan," terangnya.

Dari hasil kajian cepat yang dilakukan oleh BPBD, selain dari intensitas hujan, longsor tersebut pun terjadi karena kontur tanah yang labil dan memang rawan longsor. (panca)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar