ADVERTISEMENT

Pria Paroh Baya Tewas Terpanggang Bawa Kebut Mobil Sport Proche Tabrak Belakang Truk, Pengamat: Akibat Prilaku Kecepatan Tinggi

Jumat, 26 Agustus 2022 20:58 WIB

Share
Sedan sport jenis Porsche.(Sumber Foto: Wheelsboutique.com)
Sedan sport jenis Porsche.(Sumber Foto: Wheelsboutique.com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Insiden kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang berujung maut, terjadi di KM 42.800 ruas Tol Jagorawi, Bogor, Jawa Barat pada Jum'at (26/8/2022) dini hari tadi.

Kendaraan yang terlibat dalam insiden nahas tersebut, melibatkan satu unit mobil mewah Porsche berplat nomor KT 1001 WB, dengan mobil truk bermuatan pakan ayam yang dikemudikan oleh M (50) yang tengah mengarah ke arah Sukabumi, Jawa Barat sebelum insiden terjadi.

Berdasarkan keterangan dari Kepolisian, insiden tersebut disebabkan lantaran pengemudi mobil Porsche kurang konsentrasi. Sehingga menabrak bagian belakang mobil truk dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Akibatnya, pengemudi mobil Porsche yang belum diketahui identitasnya itu pun harus meregang nyawa di tempat, usai terjepit bodi mobil dan terpanggang usai kobaran api melalap mobil mewah pabrikan Jerman itu.

Terkait hal tersebut, pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, tingginya kecepatan yang dipacu pengemudi turut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya insiden laka lantas maut ini.

"Namun, perilakunya (pengemudi mobil sport mewah) memang cenderung berhasrat untuk memacu kendaraannya dalam kecepatan yang tinggi," ujar Djoko saat dihubungi, Jum'at (26/8/2022).

Menurut Djoko, hal ini jelas menjadi kontradiktif mengingat kondisi lalu lintas di Indonesia yang masih dipenuhi oleh truk Over Dimension Over Load (ODOL), yang tentunya hanya mampu berjalan dalam kecepatan rendah, selain dari berpotensi membahayakan diri pengemudi dan orang lain.

"Saat ini banyak yang menggunakan mobil mewah berkecepatan tinggi, sementara truk ODOL masih berseliweran dengan kecepatan rendah," kata dia.

Dia menambahkan, mungkin dampak dari insiden kecelakaan ini bisa terminimalisir apabila ada perisai yang merintangi bagian belakang truk.

Sehingga, papar dia, ketika ada kendaraan yang menabrak dari arah belakang, kendaraan tersebut tak terperosok masuk ke dalam bagian kaki-kaki mobil truk.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT