ADVERTISEMENT

Selain Keandalan Listrik Keselamatan Manusia Jadi Komitmen PLN ke Pelanggan, Berikut Tips Terhindar dari Bahaya Kelistrikan

Senin, 22 Agustus 2022 17:34 WIB

Share
Petugas PLN tengah memeriksa instalasi listrik rumah warga. (ist)
Petugas PLN tengah memeriksa instalasi listrik rumah warga. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Selain memberikan listrik andal, keselamatan manusia menjadi komitmen PLN bagi para pelanggannya. Sehingga tertib dalam memanfaatkan tenaga listrik menjadi sebuah keharusan.    

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan bahwa keselamatan manusia adalah hal utama yang harus dijaga. PLN berkomitmen untuk menjaga keandalan tenaga listrik sampai ke rumah pelanggan dengan mengutamakan prinsip keselamatan ketenagalistrikan.

Upaya yang dilakukan PLN untuk menjaga keselamatan ketenagalistrikan diantaranya memasang kWh meter yang dilengkapi Mini Circuit Breaker (MCB) untuk mengukur dan membatasi daya listrik yang masuk ke rumah pelanggan. Listrik yang masuk sesuai dengan daya berlangganan dan sesuai dengan kapasitas kabel yang terpasang di rumah pelanggan. 

"Kalo tidak ada meteran di rumah pelanggan, dikhawatirkan arus listrik yang masuk itu berlebih sehingga kabelnya panas dan berpotensi korsleting sampai timbul percikan api dan kebakaran," ungkap Doddy. 

Langkah PLN selanjutnya yaitu melakukan inspeksi rutin terhadap jaringan listrik yang menjadi aset PLN mulai dari pembangkit sampai ke kWh meter. Dalam pemeriksaan kWh meter, PLN memiliki program Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) untuk memastikan kWh meter berfungsi baik sebagai pengukur dan pembatas listrik ke rumah. Petugas P2TL memeriksa apakah kWh meter pada kondisi normal, tidak ada kelainan dan mengalirkan listrik sesuai daya berlangganan. 

"Kalo ada kelainan di kWh meter ini berpotensi bahaya karena listrik yang masuk ke dalam rumah bisa jadi tidak sesuai dengan seharusnya, lagi-lagi ini juga berpotensi kebakaran, kami sangat peduli dengan keselamatan pelanggan," tambah Doddy. 

Batas dan wewenang PLN Unit Induk Distribusi itu dari mulai gardu distribusi sampai dengan kWh meter. Selanjutnya dari kWh meter ke dalam rumah pelanggan menjadi hak dan wewenang pelanggan itu sendiri. 

PLN memberikan tips kepada pelanggan agar terhindari dari bahaya kelistrikan, di antaranya:

1. Tidak mengutak-atik kWh meter PLN yang berada di rumah pelanggan. Selain berbahaya, juga termasuk dalam pelanggaran. Modus yang dijumpai antara lain memperbesar MCB, memasang kabel jumper, memperlambat putaran piringan

2. Tidak mengambil listrik langsung dari tiang

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT