Sebanyak 6 Orang Tewas Terpanggang di Rumah Kos Berlantai 4 di Tambora, Ini Kata Sosiolog
Rabu, 17 Agustus 2022 20:09 WIB
Share
Diduga karena korsleting listrik, Ruko perkakas di Teluknaga, Kabupaten Tangerang ludes terbakar. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 6 orang tewas terpanggang di rumah toko (ruko) empat lantai yang dijadikan kos-kosan di kawasan Tambora, Jakarta Barat.

Dugaan sementara kebakaran tersebut karena korsleting listrik yang terjadi di salah satu kamar kos yang berada di lantai dua.

Kebakaran itu juga mengakibatkan dua orang lainnya luka.

Sosiolog Musni Umar mengatakan dalam kasus ini, warga khususnya yang tinggal di kawasan padat penduduk harus ekstra hati-hati.

Selain itu, pihak RT maupun RW setempat juga harus selalu mengingatkan warganya agar mengecek kelistrikan bangunan.

"Karena memang daerah itu padat ya, oleh karena itu semua harus siap siaga, terutama mereka yang ada di tempat itu," ujarnya dikonfirmasi Rabu (17/8/2022).

Selain itu, masyarakat juga harus benar-benar memperhatikan keselamatan, apalagi kejadian tersebut sampai memakan korban jiwa.

"Karena faktor yang sangat penting dan utama karena kalo ada musibah kaya gitu, apalagi ada korban jiwa yang menderita dan rugi masyarakat kita," jelasnya.

Musni menegaskan, masyarakat harus melakukan langkah-langkah pencegahan, salah satunya dengan mengecek kelistrikan di rumah masing-masing.

"Gunakan media sosial dan lembaga sosial yang ada harus bekerjasama untuk mengingatkan masyarakat," ucap Musni.

"Masalahnya itu kan kelalaian, kelalain telah menimbulkan korban dan ketika terjadi korban kita nggak bisa mengobatinya, kecuali penyesalan saja," pungkasnya. (pandi)