ADVERTISEMENT

Ini 4 Faktor yang Menjadi Penyebab Indonesia Sebagai Salah Satu Negara Terkuat di Dunia dan Berada di Puncak Kepemimpinan Global

Rabu, 17 Agustus 2022 18:44 WIB

Share
Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD. (rizal/tangkapanlayar)
Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR serta Sidang Bersama DPR dan DPD. (rizal/tangkapanlayar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo blak-blakan bahwa Indonesia menjadi salah satu kekuatan di negara dunia. Hal ini disampaikan Jokowi dalam sidang DPR/MPr pada Selasa (16/8/2022). Kekuatan Indonesia bahkan kini sudah dilirik negara lain. 

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Dalam menghadapi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh. Masyarakat dusun, masyarakat kampung saling melindungi. Tokoh agama dan tokoh adat aktif   mendampingi masyarat," ujar jokowi.

Tak hanya itu, organisasi sosial, organisasi masyarakat, bergerak cepat, membantu masyarakat. Tenaga kesehatan, TNI dan Polri, jajaran birokrasi saling bersinergi bersama-sama, bergotong-royong bersama-sama. 

"Dan lembaga-lembaga negara juga mendukung ketidakpastian ini," tambahnya. 

Kalau mampu menanggulangi pandemi dengan baik, lanjut Jokowi, artinya kita juga juga Insya Allah pasti mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya pula. 

"Inilah kekuatan pertama kita untuk membangung negara kita Indonesia," ujarnya. 

Kekuatan kedua Indonesia adalah sumber daya alam yang melimpah. 

"Wilayah yang luas dan keanekaragamanan hayati terkaya di dunia pasti menjadi kekuatan besar indonesia, jika dikelola secara bijak dan berkelanjutan," paparnya. 

"Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrialisasikan di dalam negeri. Agar nilai tambah bisa maksimal untuk kepentingan nasional. hal ini bisa meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan ekspor dan menghasilkan ekspor. Meningkatkan pendapatan negara serta mendongkrak kekuatan ekonomi," jelasnya.

Kekuatan ketiga kita adalah bonus demofrafi jumlah penduduk yang sangat besar serta didominasi oleh anak-anak muda usia produktif serta daya beli masyarakat yang terus meningkat akan menjadi motor penggerak ekonomi kita dalam menghadapi kondisi global.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT