Kantor Imigrasi Soetta gelar Workshop dalam upaya peningkatan pelayanan. (Ist)

Tangerang

Kantor Imigrasi Soetta Terima 4.060 Permintaan Informasi Terkait Pelayanan, Sejak Januari – Juli 2022

Sabtu 13 Agu 2022, 09:09 WIB

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menggelar Workshop Customer Service Improvement  bertajuk  'Jurus Jitu Menerapkan Excellent Service'. Pelatihan digelar di aula Kantor Imigrasi, pada Kamis 11 Agustus  2022.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Nur Raisha Pujiastuti menuturman workshop Customer Service Improvement  ini diikuti sekitar 40 peserta. 

Selain 35 pegawai Keimigrasian, pelatihan singkat ini juga diikuti peserta dari lima Instansi di lingkungan Kombata (Bea  dan  Cukai, Otoritas Bandara, Aviation Security, KKP dan Polres).

Kepala seksi Informasi  Komunikasi Keimigrasian Bandara Soekarno-Hatta Jongki Ade Situngkir mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan  ada peningkatan kompetensi pegawai di bidang penanganan aduan dari masyarakat.

"Kami ingin meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan pelatihan cara menangani aduan masyarakat," kata Jongki, Jumat (12/8/2022).

Menurut Jongki sepanjang Januari - 31 Juli 2022, tim informasi bidang TIKKIM menerima 4.060 permintaan informasi serta 22 aduan yang disampaikan masyarakat melalui berbagai media pelayanan  baik media sosial dan telepon.

Jongki menyebutkan melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan informasi Keimigrasian, maka perlu diselenggarakan pelatihan bagi pegawai untuk menciptakan sosok petugas imigrasi yang informatif dan helpful.

Sementara itu Pemateri Workshop Slamat Wibowo menyampaikan dua materi yang menarik minat peserta  yakni mengenai  handling complain (mengelola keluhan) dan
interpersonal communication skill atau ketrampilan komunikasi dua orang atau lebih. 

Dua bahasan itu dibawakan dengan apik oleh Wibowo pakar komunikasi  jebolan Universitas Indonesia.

Wibowo yang juga Direktur  Utama  Kobo Media Spirit mengajak puluhan peserta secara interaktif  dan pola permainannya game sehingga membangkitkan daya tarik peserta  mengikuti  pelatihan dengan suasana  santai tapi fokus. Pola game penyampaian pesan berantai dan transpose matriks.

"Pelatihan ini menyenangkan karena  respon peserta positif dan menggambarkan wawasan yang cukup memadai. Saya yakin dengan pelatihan singkat ini  peserta akan semakin baik dalam memberikan pelayanan lebih baik," tutup Wibowo. (Muhammad iqbal)

Tags:
kantor imigrasi sokarno-hattapermintaan informasi pelayanan

Administrator

Reporter

Administrator

Editor