ADVERTISEMENT

Momentum HUT RI ke-77 Tahun, 127 Warga Binaan Lapas Pandeglang Diusulkan Dapat Remisi

Jumat, 12 Agustus 2022 17:09 WIB

Share
Rutan Kelas IIB Pandeglang. (ist)
Rutan Kelas IIB Pandeglang. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Pada momentum HUT RI ke-77 tahun, sebanyak 127 warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pandeglang, Bnaten, diusulkan mendapat potongan masa tahanan edisi Kemerdekaan tahun 2022.

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Rutan Kelas IIB Pandeglang, Sudrajat mengungkapkan, bahwa remisi hari ulang tahun atau HUT Kemerdekaan Republik Indonesia akan diberikan pada peringatan 17 Agustus 2022 mendatang.

"Yang kami usulkan (remisi) ada sekitar 127 orang. Yang mana 3 orang dapat RU-2 atau langsung pulang," ungkapnya, Jum'at (12/8/2022).

Dijelaskannya, ratusan narapidana yang diusulkan mendapat remisi terdiri dari 120 orang diantaranya merupakan warga binaan yang tersandung kasus pidana umum, sisanya mereka yang berperkara narkoba dan tindak pidana korupsi.

"Dari sebanyak 127 orang itu ada yang dapat remisi 4 bulan sebanyak 3 orang, remisi 3 bulan sebanyak 16 orang, remisi 2 bulan sebanyak 37 orang, dan remisi 1 bulan berjumlah 68 orang," katanya.

Dipastikannya, napi yang diusulkan mendapat remisi karena sudah menjalani masa tahanan minimal 6 bulan dan dianggap berkelakuan baik sejak dibina di Rutan Pandeglang.

Mayoritas diantara mereka merupakan warga Pandeglang.

"Yang diusulkan remisi itu sudah memenuhi syarat. Kalau persyaratannya kan kami lihat subtantif dan administratif. Kalau administratif dilihat dari dokumen, sudah memenuhi atau belum. Kalau subtantif itu dilihat dari perilaku mereka yang dianggap berkelakuan baik," ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini jumlah tahanan yang di Rutan Pandeglang ini tercatat sebanyak 280 orang, dan disebutkannya jumlah tersebut tergolong overload.

"Jumlah itu tergolong sudah melebihi kapasitas," tandasnya. (samsul fatoni)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT