Tidak Hanya Manusia, di Lebak, Banten, 300 Sapi Divaksin, Cegah Penyakit atau Virus

Rabu, 10 Agustus 2022 06:48 WIB

Share
Tidak Hanya Manusia, di Lebak, Banten, 300 Sapi Divaksin, Cegah Penyakit atau Virus
Sapi tengah disuntik vaksin di Lebak

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID
Sebanyak 300 ekor hewan ternak sapi di Desa Sukarendah, Kecamatan Warung Gunung, Lebak, disuntik vaksin oleh pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lebak, Selasa (9/8/20222).

Vaksinisasi terhadap 300 hewan ternak tersebut, sebagai upaya Pemda Lebak dalam menanggulangi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Kepala Disnakeswan Lebak, Rahmat mengungkapkan, dalam mencegah penyebaran wabah PMK di wilayahnya. Hai ini, pihaknya melakukan vaksinisasi hewan ternak sebanyak 300 dosis terhadap hewan ternak sapi.

"Vaksinisasi ini merupakan pemberian antigen untuk merangsang kekebalan tubuh pada hewan ternak. Supaya, hewan ternak itu tidak mudah terserang wabah PMK. Dan hari ini ada 300 sapi yang disuntik vaksin," ungkapnya.

Dikatakannya, penyakit PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Maka, untuk mencegahnya, salah satunya dengan suntik vaksin supaya anto body hewan ternak terbentuk.

"Kami terus berupaya melakukan penanggulangan penyebaran wabah PMK. Dengan harapan, agar kasus PMK di Lebak dapat ditekan," katanya.

Dijelaskan, vaksinisasi yang dilakukan tersebut merupakan bantuan dari pihak Dinas Peternakan Provinsi Banten, dengan jumlah vaksin sebanyak 300 dosis.

"Kami dapat bantuan 300 dosis vaksin PMK dari Pemprov Banten. Dan vaksin itu sudah kami diatribusikan," ujarnya.

Selain melakukan vaksinisasi dalam menanggulangi wabah PMK ini, pihaknya tidak bosan - bosan untuk terus memberikan penyuluhan dan himbauan kepada para peternak agar sama - sama melakukan pencegahan. Salah satunya menjaga kebersihan kandang dan mau hewan ternaknya di suntik vaksin.

"Kita harus sama - sama melakukan pencegahan penyebaran wabah PMK ini. Supaya kasus PMK cepat berakhir," tandasnya. (Samsul Fatoni).

Editor: Tatang Suherman
Contributor: Fathoni
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar