Sekuriti Nekat Merampok Gegara Ingin Belikan Cincin Istri dan Terliit Utang, Ini Kata Kriminolog

Rabu, 10 Agustus 2022 22:12 WIB

Share
Sekuriti Nekat Merampok Gegara Ingin Belikan Cincin Istri dan Terliit Utang, Ini Kata Kriminolog
Pakar Kriminolog Universitas Indonesia, Josias Simon. (foto: dok. pribadi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Didorong rasa ingin membelikan isteri cincin kawin dan terlilit utang, sekuriti bernama Ibnu (29) nekad merampok di toko handphone "Sahabat Seluler" di Pasar Tambak, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.

Dalam aksinya, pria yang berprofesi sebagai tenaga security di sebuah pabrik di Kawasan Industri JABABEKA, Cikarang Selatan mengancam pemilik toko menggunakan sebilah golok. Dari dalam konter, pelaku berhasil menggasak uang Rp100 juta.

Kriminolog Josias Simon mengatakan, pelaku nekat melakukan perampokan memang karena sedang membutuhkan uang.

Kondisi pelaku yang terlilit dengan hutang hingga ingin membelikan cincin kepada pasangannya itu, membuat dia nekat merampok.

"Ini pelaku nekat karena kebutuhan ekonomi dan tak ditemukan alternatif jalan keluar lain," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Karena tidak ada jalan alternatif yang dilakukan pelaku, dia akhirnya memilih jalan pintas untuk mendapatkan uang secara instan dengan cara berbuat kriminal.

Josias menuturkan, pelaku seharusnya berpikir untuk menemukan jalan keluar yang positif untuk menghadapi masalahnya, bukan malah merampok dan merugikan orang.

"Berpikir jalan keluar yang tidak melanggar, tidak malah memanfaatkan posisi sekuriti untuk merampok (tak sesuai tugas pengamanan)," pungkasnya.

Dalam hal ini, Josias mendguga bahwa pelaku nekat merampok yang memang mudah dan cepat untuk meloloskan diri. (Pandi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar