ADVERTISEMENT

Pangdam III Siliwangi Tinjau Assembly Poin di Merak, Pj Gubernur Banten: Bisa untuk Jalur Evakuasi dan Rest Area

Kamis, 4 Agustus 2022 08:29 WIB

Share
Pangdam III Siliwangi Mayor Jendral TNI Kunto Arief Wibowo
Pangdam III Siliwangi Mayor Jendral TNI Kunto Arief Wibowo

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

"Saya juga mendorong kepada lembaga usaha lainnya yang ada di Banten ini untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya melakukan pembangunan guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banten, seperti yang telah dilakukan di Lebak Gede ini," jelasnya.

Sementara itu Pangdam III Siliwangi Mayor Jendral TNI Kunto Arief Wibowo menambahkan, di manapun anggota TNI berada harus memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, termasuk bagi masyarakat Lebak Gede ini.

"Ketika ini semua sudah terbentuk, langkah selanjutnya bagaimana membuat masyarakat sekitar pesisir pantai ini menjadi lebih produktif dengan sumber daya yang ada," katanya. 

Di beberapa daerah, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya meningkatkan keterampilan masyarakat, baik yang tinggal di pesisir, pegunungan maupun perkotaan. Keterampilan itu seperti membuat kerajinan dari bahan limbah, daur ulang plastik menjadi bahan bakar, dan masih banyak lainnya. 

"Dengan begitu, masyarakat akan menjadi produktif dan mendapat nilai tambah ekonomis. Dan untuk di Banten ini, hal yang sama juga akan kita lakukan," pungkasnya. 

Untuk diketahui, saat ini assembly poin itu baru penyelesaian tahap pengerasan dan pembuatan jalur evakuasi sebanyak tiga tanggul, tanggul pertama bisa menampung 2.000 orang, tanggul kedua 1.000 orang dan tanggul ketiga 500 orang dengan fasilitas yang tersedia seperti genset, tiga unit barak, sekoci yang bisa muat 28 orang dan 15 set alat selam. 

Sedangkan yang belum tersedia yakni pasokan instalasi Listrik, lapangan helikopter, ambulan, MCK, dapur umum, klinik kesehatan, aula dan tempat ibadah serta lahan yang akan digunakan untuk ketahanan pangan. Acara tersebut diakhiri dengan menanam pohon secara bersamaan dan penyerahan 500 paket sembako kepada warga di kelurahan sekitar secara simbolis. 

Pangdam III Siliwangi datang bersama istri, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menggunakan Motor Gede (Moge) bersama jajarannya yang turut mendampingi. 

Turut hadir juga pada acara tersebut Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi'raj, Danrem 064/MY Brigjen TNI Yuniato, Dandim Cilegon Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo beserta jajaran, perwakilan anggota DPRD Banten, Basarnas, Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro, Kajari Cilegon, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. (Luthfillah) 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT