ADVERTISEMENT

Tegas! Polres Bogor Didorong Ungkap Dugaan Pembuatan Sertifikat Tanah Palsu, Kapolda Jabar: Terus Maju Jangan Takut

Rabu, 3 Agustus 2022 10:52 WIB

Share
Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana (Panca)
Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana (Panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana beri dukungan penuh kepada Satreskrim Polres Bogor yang terus berupaya mengungkap kasus dugaan pemalsuan dan penipuan tentang penerbitan sertifikat tanahprogram PTSL, Rabu (3/8/2022).

"Ya teruskan, proses sesuai dengan aturan," ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di Mako Polres Bogor.

Suntana menegaskan, untuk semua aparatur penegak hukum, khususnya di Jawa Barat, tidak perlu takut untuk mengungkap kesalahan-kesalahan yang merugikan masyarakat. "Maju terus ya, tidak udah takut," singkatnya.

Sebelumnya, Satreskrim Polres Bogor ungkap dugaan pemalsuan dan penipuan tentang penerbitan sertifikat tanah dalam progam PTSL, Selasa (2/8/2022).

Hal ini diungkapkan Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo De Cuellar Tarigan yang mana menurutnya, para pelaku ini telah merekayasa dan merubah isi Sertifikat progam PTSL Tahun 2017-2018.

 

"Caranya dengan menghapus data awal yang ada di sertifikat menggunakan cairan Baycline kemudian diganti dengan mencetak ulang isi sertifikat tersebut dengan masuk ke dalam Akun Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP)," ungkapnya melalui keterangan tertulisnya.

Ke-enam pelaku tersebut berinisial MT alias KM (30L), SP alias BK (31), AR (28), AG (23), RGT (25) dan DK (49).

"Masing-masing pelaku memiliki perannya masing-masing, seperti diketahui perannya mulai dari mengurus surat untuk kelengkapan warkah hingga mencetak SHM dan mengakses sistem GEO-KKP," ujarnya. (Panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT