Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Wapres: Fokus di 212 Kabupaten/ Kota di Tahun 2022

Rabu, 3 Agustus 2022 13:26 WIB

Share
Wapres pimpin rapat penghapusan kemiskinan ekstrem. (setwapres)
Wapres pimpin rapat penghapusan kemiskinan ekstrem. (setwapres)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memimpin rapat tingkat menteri yang membahas Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Rapat pleno tersebut dihadiri Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartono, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menkeu Sri Mulyani dan lainnya. 

Wapres dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sekaligus selaku koordinator pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, mengatakan penghargaan kemiskinan ekstrem fokus 212 kabupaten/kota di tahun 2022.

"Setelah itu, dilanjutkan untuk seluruh kabupaten/kota untuk tahun 2023 dan 2024," tegas Wapres dalam pengarahannya.

Selain itu Wapres minta,  untuk menyasar kelompok miskin ekstrem secara akurat, untuk memanfaatkan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang memiliki informasi by name, by address, dan by NIK, karakteristik sosial-ekonomi keluarga berdasarkan informasi terkini, dan juga memiliki peringkat kesejahteraan keluarga.

Wapres juga meminta  pelaksanaan program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem agar mengacu pada Pedoman Umum (Pedum) Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang segera ditetapkan

 Wapres menyampaikan bahwa kunci sukses upaya penghapusan kemiskinan ekstrem adalah konvergensi program dan perbaikan akurasi pensasaran. 

"Konvergensi program menjadi penting untuk memastikan berbagai program pengurangan beban pengeluaran maupun pemberdayaan ekonomi dapat mensasar kantong-kantong kemiskinan dan diterima oleh keluarga miskin ekstrem secara bersamaan," tutur Wapres

Karena itu, terang Wapres, untuk mendukung upaya tersebut, diperlukan perbaikan akurasi pensasaran intervensi program dengan menggunakan data pensasaran yang informasi sosial-ekonominya termutakhirkan dan memiliki peringkat kesejahteraan.     

Wapres juga menekankan bahwa upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dilakukan melalui dua strategi intervensi utama yaitu pengurangan beban pengeluaran dan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin ekstrem, yang difokuskan pada wilayah-wilayah kantong kemiskinan ekstrem. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar