ADVERTISEMENT

Pagar JIS dalam Tahap Perbaikan dan Penguatan, Tidak Hanya yang Roboh Tapi Menyeluruh

Rabu, 3 Agustus 2022 22:49 WIB

Share
Kondisi pagar tribun utara JIS hancur akibat roboh. (foto:Ivan)
Kondisi pagar tribun utara JIS hancur akibat roboh. (foto:Ivan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengelola Jakarta International Stadium (JIS), sedang merenovasi pagar yang roboh saat peluncuran yang lalu, yakni  pagar yang terletak di sisi utara JIS. 
 
Ari Wibowo PLT Direktur Proyek JIS, mengatakan pihaknya sudah memperbaiki pagar keliling di sisi Utara yang beberapa pekan lalu sempat roboh.

Pekerjaan menggunakan sengan cor beton. perbaikan sekaligus revitalisasi bukan hanya yang kemarin, tetapi dilakukan secara menyeluruh. 

“Sebenarnya bukan diperbaiki ya, kita perkuat karena desain yang sebelumnya sudah standar dengan safety SNI kerkait dengan ketentuan  pagar atau railing yang kita lakukan sebenarnya untuk memperkuat desain estiting,” ucap Ari wibowo, dalam keterangan resmi Rabu (3/8/2022).

Perbaikan tersebut dilakukan tanpa mengubah bentuk design dari JIS. Pagar tersebut berbentuk railing dan pagar bariel, dudukan railing tersebut diperkuat dengan beton cor keliling ini untuk memitigasi. harapannya akan jauh lebih kuat dari rencana awal. 

Terkait faktor yang menjadi penyebab ambruknya pagar Jakarta International Stadium tersebut beberapa pekan lalu disebabkan karena tandar internasional dengan penonton ditentukan dengan kursi masing-masing.

“Karena stadion di JIS ini kan standar internasional kan sudah seharusnya kalau prosedur ini diterapkan untuk menonton pertandingan itu sudah ditentukan pada penomoran per kursi masing-masing. Kemarin ada penumpukan suporter tahu massa di satu sektor khususnya di tir satu tribun Utara. Kemarin tempat duduk tidak berdasarkan kursi melainkan diatur per zona” ujar Ari Wibowo 

Karena tidak terdapat penomoran dan pemeriksaan pada petugas akhirnya pengunjung masuk dari jalur paling mudah, karena di gir Utara akses pintu dari Barat langsung ke gir satu.

“Harapannya kami Jakpro ingin berkolaborasi karena ini next-nya akan dipakai untuk kandang  Persija, kita ingin program kolaborasi yang tentunya mengajak Persija, ayo dalam aktivasi kegiatan di JIS ini di luar pertandingan ini kita untuk sama-sama agar rasa memiliki, rasa untuk merawat ini bisa tumbuhkan secara bersama,” ucap Ari Wibowo, Rabu (2/8/2022) (Cr01)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT