ADVERTISEMENT

Aksi Donor Darah, Kalapas Rangkasbitung: Setetes Darah Akan Dapat Menyelamatkan Nyawa Orang Lain

Senin, 1 Agustus 2022 15:51 WIB

Share
Kalapas Rangkasbitung, saat mendonorkan darahnya. (Foto: Ist).
Kalapas Rangkasbitung, saat mendonorkan darahnya. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 tahun 2022, Lapas kelas III Rangkasbitung Kanwil Kemenkumham Banten, menggelar aksi donor darah di aula Lapas Rangkasbitung, Senin (1/8/2022).

Kelapa Lapas Rangkasbitung, Budi Ruswanto mengungkapkan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian jajaran lapas Rangkasbitung terhadap sesama. Ia pun mengaku, setetes darah yang didonorkan akan mampu menyelamatkan nyawa manusia lainnya.

"Setetes darah kita ini sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan, setetes darah akan dapat menyelamatkan nyawa orang lain, kita ingin membaktikan diri dalam momentum Hari Kemerdekaan dan Hari Dharma Karyadhika," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini kata dia, Lapas Rangkasbitung bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Lebak. "Hari ini kita bekerjasama dengan PMI dalam membaktikan diri kepada masyarakat melalui donor darah," katanya.

Sementara, Dokter Lapas Rangkasbitung, dr Ida menambhakan, donor darah ini akan banyak manfaatnya baik terhadap pendonor maupun warga lainnya.

"Ya jelas, donor darah memiliki banyak manfaat. Donor tidak hanya bermanfaat dari segi sosial, tapi juga baik untuk kesehatan," tambahnya.

Manfaat dari donor darah ini jelas dia, diantaranya menjaga kesehatan jantung, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu mendeteksi dini penyakit tertentu, serta menjaga kesehatan mental.

"Namun, sebelum mendonorkan darahnya calon pendonor di screening kondisi umum kesehatannya terlebih dahulu, meliputi berat badan, tekanan darah serta kadar hemoglobinnya," jelasnya. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT