ADVERTISEMENT

Peringati Tahun Baru Islam, Arak-arakan Gagak Lumayung dan Kuda Lumping Tarik Perhatian Warga Pandeglang

Minggu, 31 Juli 2022 10:30 WIB

Share
Dua Kepala Desa di Pagelaran, Pandeglang diarak warga dalam peringatan tahun baru Islam. (Samsul Fatoni).
Dua Kepala Desa di Pagelaran, Pandeglang diarak warga dalam peringatan tahun baru Islam. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Warga di Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, melakukan arak-arakan Gagak Lumayung dan Kuda Lumping dalam memeriahkan peringatan tahun baru Islam ke 1444 Hijriyah.

Arak-arakan yang dilakukan warga bersama para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Pagelaran itu, cukup menarik perhatian masyarakat lainnya. Pasalnya, dalam kegiatan itu ditampilkan juga aktraksi kesenian budaya lokal dan singa depok.

Dalam arak-arakan tersebut, nampak dua orang Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Pagelaran, Pandeglang yakni Kades Surakarta dan Harapan Karya menunggangi singa depok dan di arak oleh ratusan warga mengelilingi desa di wilayah tersebut.

Setelah mengelilingi desa, masyarakat berkumpul di lapangan sepak bola di Desa Surakarta, yang merupakan menjadi titik lokasi acara peringatan tahun baru Islam tersebut.

Di lapangan itu, berbagai kegiatan dilakukan pihak penyelenggara peringatan tahun baru Islam, mulai dari pentas seni budaya, lomba kasidah, ceramah Agama serta kegiatan perlombaan lainnya.

Sekretaris Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Alek mengungkapkan, dalam memeriahkan tahun baru Islam ini pihaknya menggelar berbagai acara yang dilakukan dari siang hingga malam hari.

"Pada siang harinya, dilakukan kegiatan arak - arakan Gagak Lumayung dan Kuda Lumping, perlombaan kasidah, pentas seni budaya, santunan anak yatim dan kegiatan lainnya," ungkap Alek, Minggu (31/7/2022).

Selain itu kata Alek pada malam harinya, dilakukan acara pawai obor dan Istigosah. Hal ini tentunya selain untuk membangkitkan sangat warga dalam menyambut tahun baru Islam, juga untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

"Alhamdulillah masyarakat cukup antusias. Dalam kesempatan ini turut dihadir pula oleh Ketua DPRD Pandeglang," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi mengaku merasa bangga dengan masyarakat Desa Surakarta dan Harapan Karya, yang memiliki kekompakan dan semangat yang tinggi dalam memeriahkan tahun baru Islam.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT