ADVERTISEMENT

Tidak Didukung Pemkot dan Polresta Bogor Kota, Kandaga Urang Sunda Kecewa, Terpaksa Batalkan Pawai 2.000 Obor Malam 1 Muharam

Kamis, 28 Juli 2022 19:59 WIB

Share
Batal pawai obor, Kandaga Urang Sunda sambut malam 1 Muharam gelar pentas seni budaya dengan zikir akbar.
Batal pawai obor, Kandaga Urang Sunda sambut malam 1 Muharam gelar pentas seni budaya dengan zikir akbar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah, Paguyuban Kandaga Urang Sunda bakal mengadakan malam syukuran dengan zikir akbar serta pentas seni budaya, yang nantinya akan terpusat di Balai Ageung Batutulis, Kota Bogor. 

Semula, Kandaga Urang Sunda merencanakan bakal menggelar pawai 2.000 obor pada malam 1 Muharram mendatang, namun membatalkan acara karena berbagai hal. Pihak Kandaga Urang Sunda kecewa karena merasa tidk didukung pihak bewenang. 

Menurut Ketua Kandaga Urang Sunda Shahlan Rasyidi, Kandaga Urang Sunda akan mengadakan malam syukuran Tahun Baru Islam 1441 Hijirah, bekerja sama dengan Mahad Nurul Fata Al Habib Hasan Al Attas.

Sahlan mengatakan, Pawai bertajuk Dzikir Akbar Bumi Siliwangi 2022 ini akan memadukan pentas seni budaya dengan zikir akbar. Menurutnya, acara ini akan menjadi kegiatan kedua setelah halal bihalal  beberapa waktu lalu.

“Bidang keagamaan lalu punya gagasan saat itu, yakni pawai obor menyambut 1 Muharram dengan pentas seni Bumi Siliwangi. Untuk membumikan kembali Pajajaran, sekaligus ada kegiatan keagamaan," kata Shahlan Rasyidi.

" Pawai obor dari Empang ke Balai Ageung, tapi karena satu dan lain hal, seperti kawasan ring 1 (Istana Bogor) lalu juga ada isu kekhawatiran ditunggangi organisasi yang dilarang pemerintah, kita mengalah dan lebih baik mengadakan zikir akbar dan pentas seni budaya saja tanpa pawai obor,” jelas Shahlan.

Pihaknya pun sempat bertemu dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim terkait hal ini. Saat itu, gayung bersambut lantaran ada lampu hijau untuk menggelar pawai obor. Sayangnya, hal itu urung terjadi.

“Kita agak kecewa, tapi nggak apa-apa lah. Kita ganti dengan Dzikir Akbar Bumi Siliwangi 2022, tetap kolaborasi unsur keagamaan dengan pentas seni budaya, yang sudah lama tidak kita saksikan,” jelas pria yang juga Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Dzikir Akbar Bumi Siliwangi Muhammad Aliyudin didampingi Sekjen Kandaga Urang Sunda Gugum Gumelar menjelaskan, pihaknya sudah memberikan informasi kepada masyarakat Kota Bogor, khususnya di wilayah Bogor Selatan bahwa Kandaga Urang Sunda akan membatalkan pawai obor dan menggantinya dengan zikir akbar dan pentas seni budaya yang terpusat di Balai Ageung Batutulis.

Apalagi, informasi gelaran pawai obor juga sudah menyebar sehingga pihaknya perlu menyampaikan ke masyarakat bahwa pawai obor diganti dengan zikir akbar dan pentas seni budaya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT