JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Gambir kembali lakukan sosialisasi masif tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan.
Dalam kesempatan kali ini sosialisasi dilakukan kepada PT. KSK Insurance Indonesia yang bertempat di Gatot Subroto. Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para pekerja terkait manfaat program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan.
Chairul Arianto selaku Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir menyampaikan “Diharapkan dengan dilakukannya sosialisasi kepada perusahaan, para pekerja lebih memahami akan manfaat yang akan mereka terima ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”.
Chairul menambahkan kondisi saat ini masih banyak pekerja dan perusahaan yang belum memiliki pengetahuan dengan baik tentang manfaat BPJAMSOSTEK yang memiliki lima program jaminan sosial yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) serta Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
Terutama pada program JKP yang belum lama diluncurkan pada 22 Februari 2022 dimana dalam program jaminan ini diberikan bagi pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) berupa pelatihan kerja, akses bursa kerja, dan manfaat uang tunai maksimal 6 bulan Karena itu, Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir tak henti melakukan kegiatan sosialisasi tentang manfaat menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan.
Bahkan sesuai dengan harapan pemerintah melalui Intruksi Presiden (inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kegiatan sosialisasi terus digencarkan.
Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Suharjo P Lumbanraja selaku Direktur Keuangan. Raudhah dan Yessica selaku HRD, dan beberapa pewakilan perusahaan lainnya sebanyak 30 orang karyawan.
Suharjo P Lumbanraja menyampaikan “Kami PT. KSK Insurance Indonesia akan selalu mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir, seperti saat ini dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi ini kami jadi lebih memahami apa saja manfaat yang diterima ketika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan”.
“Kedepannya kami akan memastikan seluruh pekerja baik yang berstatus karyawan tetap maupu pekerja magang atau pekerja harian yang ada di perusahaan kami agar terlindungi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan” imbuh Suharjo.
BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir berkomitmen untuk selalu memastikan masyarakat pekerja tidak hanya di Wilayah Jakarta Pusat namun diseluruh indonesia sebagai prioritas utama kami agar terlindungi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dengan melakukan sosialisasi baik pada sektor formal maupun informal.
BPJAMSOSTEK Jakarta Gambir juga menyampaikan informasi bahwa peserta dapat mengajukan klaim JHT secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) atau dapat dilakukan juga dengan mengakses website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan juga dapat menerima layanan informasi melalui Call Center 175 terkait program dan manfaat BPJAMSOSTEK. (Tri)