ADVERTISEMENT

Mendag Zulkifli Hasan Sebut Ekonomi Nasional Tumbuh Sekitar 5,01 Persen, Salah Satu Pendukung Bisnis MLM

Rabu, 27 Juli 2022 13:51 WIB

Share
Foto : Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di event APLI Exhibition 2022 di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. (Ist.)
Foto : Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di event APLI Exhibition 2022 di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2022 tumbuh positif sekitar 5,01 persen, salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi itu adalah bisnis penjualan langsung alias Multi Level marketing (MLM) yang dilakukan para anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI).

Hal itu disampaikan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat menutup event APLI Exhibition 2022 di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Juli 2022 kemarin. Menurut Ketua Umum PAN yang akrab di sapa Zulhas ini, ekonomi Indonesia pada triwulan pertama 2022 tumbuh positif sekitar 5,01 persen. Sekarang PDB Indonesia sudah 1.300 Triliun Dollar. Jika kondisi ini terus bertahan, 20 tahun lagi Indonesia bisa setara dengan banyak negara maju. Oleh karena itu, peluang bisnis sangat besar sekali.

“Salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional adalah bisnis penjualan langsung atau MLM. Salah satu yang mendorong tumbuhnya 5,01 persen itu dari APLI. Berdasarkan data kami, kegiatan usaha penjualan langsung pada tahun 2021 tercatat peningkatan serapan mitra usaha. Direct selling itu melibatkan jutaan masyarakat.  Dan secara tidak langsung melatih jiwa enterpreneur,” ujar Zulhas.

 

Ia memaparkan, dalam insdutri direct selling biasanya ada komisi dan ada bonus. ”Namun mendapatkan butuh fokus dan produktif. Dari pada ngerumpi sana-sini gak jelas, lebih bagus ikut MLM yang tergabung di APLI. Orang yang sukses di direct selling pasti orang hebat,” katanya.

Menurut Zulhas APLI merupakan pemberdayaan sumber daya manusia sehingga menjadi terampil. Kontribusi APLI dalam pemulihan ekonomi bangsa ini sangat luar biasa. Orang tidak kerja, diajari jadi bisa kerja, orang yang tidak produktif, diajari bisa jadi produktif. “Saya mendukung dan mensupport dan mengapresiasi apa yang dilakukan teman-teman di APLI,” tegas Zulhas.

APLI Exhibition 2022 digelar selama tiga hari, mulai Minggu, 24 Juli 2022 sampai Selasa 27 Juli 2022 itu dikuti 43 perusahaam amggota APLI diantaranya; PT. Harmoni Dinamik Indonesia, PT. Orindo Alam Ayu, PT. Arminareka Pharmasia Pratama, PT. Moment Global Internasional, Pt. Bio Organik Nusantara, PT. Sunrider Nusaperdana, PT. Herbalife Indonesia dan lainnya.

Sementara itu Ketua Umum APLI, Kany V Soemantoro , Wakil Ketua Umum APLI Andam Dewi dan Sekjen APLI Ina H Rachman menyampaikan  apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.  “Ini adalah exhibisi pertama kami selama 38 tahun kehadiran APLI. Acara ini menjadi rangkaian perayaan HUT ke-38 APLI,” ujar Andam Dewi.

Dalam kesempatan yang sama, Kany V Soemantoro menyampaikan  bahwa masih banyak tugas yang harus APLI lakukan nantinya.  “Harapan dan ekspektasi dari kementerian perdagangan dan masyarakat sangat tinggi, ini menjadi pemicu semangat dan opporunity  buat APLI. Acara ini banyak membawa dampak pendidikan dan sosialisasi industri MLM kepada masyarakat luas,” ungkap Kany

Kany  berharap, tahun depan dapat menggelar eksibisi yang lebih baik dan lebih luas dari sisi sosialnya. “Rencananya, APLI akan melakukan ekspansi ke provinsi dengan target awal ada delapan kantor cabang, jika kepengurusan daerah sudah kuat, event besar seperti ini akn dilakukan secara bergilir di beberapa kota besar,” katanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT