ADVERTISEMENT

Warning! Cacar Monyet Mengintai, Saatnya Pemerintah Atur Strategi Pencegahan

Selasa, 26 Juli 2022 08:39 WIB

Share
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Diolah dari Google).
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Diolah dari Google).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Anggota Komisi Kesehatan (Komisi IX) DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, meminta pemerintah segera merumuskan langkah antisipatif mencegah masuknya cacar monyet ke Indonesia. 

Pemerintah, kata dia, juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang medium penularan, cara pencegahan, dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit cacar monyet.

"Langkah preventif harus lebih diutamakan mengingat masih minimnya sosialisasi mengenai penyakit ini," kata Netty dalam keterangan tertulis, Selasa (26/07/2022). 

Studi yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine mamaparkan jika cacat monyet dapat ditularkan melalui kontak fisik dengan orang yang terinfeksi. 

"Kita harus belajar dari pandemi   Covid-19, di mana Indonesia sebagai negara  yang belum  terjangkit saat itu, bersikap seolah meremehkan sehingga terlambat melakukan antisipasi. Kita panik dan baru bertindak setelah ditemukan satu kasus yang kemudian merebak dengan sangat cepat. Kita lengah dan terlambat lakukan antisipasi," jelas Netty.

Ia mengingatkan pemerintah tidak mengulangi kesalahan yang sama, sebagaimana yang terjadi pada awal-awal Covid-19 merebak. "Lakukan persiapan pencegahan semaksimal mungkin," ujarnya.

Netty juga meminta pemerintah agar lebih waspada karena penyakit cacar monyet muncul seiring naiknya kasus Covid-19 di tanah air. 

"Saat ini kasus Covid-19 sedang naik kembali. Ada 40 ribu kasus aktif di Indonesia. Pemerintah harus memastikan upaya  percepatan vaksinasi 1, 2 dan booster berjalan dengan baik.   Saat ini realisasi vaksin booster kita masih berkisar 25 persen dari target sasaran. Sementara di masyarakat mulai terbangun sikap resistensi terhadap booster karena menganggap pandemi sudah selesai," katanya.

Guna mengantisipasi ledakan kasus, Netty meminta pemerintah  memantau dan melakukan penelitian terhadap penyakit cacar monyet, termasuk menemukan vaksin dan obatnya. 

"Jangan sampai kita ketinggalan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi penyakit tersebut. Indonesia sebagai Presidensi G20 harus menjadi yang terdepan dalam melawan potensi-potensi wabah global seperti cacar monyet" pungkasnya.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT