ADVERTISEMENT

Menyingkap Praktik Aborsi Ilegal di Jakarta, Paket Komplit Tarifnya Rp5 Juta Sampai Rp8 Juta

Selasa, 26 Juli 2022 07:06 WIB

Share
Ilustrasi aborsi. (Foto/Pixabay)
Ilustrasi aborsi. (Foto/Pixabay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Klinik aborsi tak lagi terang-terangan. Bisnis haram penggugur janin itu mengikuti zaman. Mereka memanfaatkan teknologi. Transaksi dilakukan secara online. Promosi dari mulut ke mulut para calo. 

Riko dan Rustam adalah salah dua dari puluhan calo aborsi di kawasan Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat. Meski sama-sama calo, Riko dan Rustam saling bersaing. 

Riko menawarkan jasa praktik aborsi ilegal dengan tarif Rp 8 juta komplit. Sudah termasuk biaya konsultasi, sewa kamar hotel, tindakan aborsi, hingga biaya tebus obat. "Ini uang pendaftaran Rp300 ribu kan udah di saya. Abang tinggal bayar ke dokter Rp8 juta. Itu udah untuk semua-muanya. Udah bersih," kata Riko. 

Riko berdalih, tarif Rp8 juta itu tergolong murah. Karena resiko yang harus ditanggung pihaknya cukup besar. Terlebih, pasien tak memiliki catatan USG (ultrasonografi) kehamilan, sehingga berapa usia kandungan tak diketahui secara pasti. 

Menurutnya, usia kandungan akan sangat berpengaruh dalam bagaimana pihaknya menentukan besaran tarif praktik. Sebagai contoh, semakin muda usia kandungan, maka akan semakin kecil juga risiko yang akan ditanggung, sehingga tarif layanan pun bisa dinego menjadi lebih murah. Begitu pun sebaliknya. 

"Soalnya kan pertama, Abang belum punya anak. Kedua, telatnya juga lumayan besar, udah 3 bulan. Kalau telatnya 1 jalan 2 bulan, itu masih bisa dinego. Terus, Abang juga gak ada USG-nya, jadi belum ketahuan jelas sudah sebesar apa janinnya," tuturnya. 

Lain lagi yang ditawarkan Rustam. Sama-sama berprofesi tukang ojek pangkalan di kawasan Cikini, Rustam menawarkan Rp5 juta. Tapi, tindakan aborsi tidak dilakukan di kamar hotel. Melainkan di sebuah rumah di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

Kepada wartawan Poskota yang menyamar sebagai calon pasien aborsi, Rustam menyebut Riko sebagai makelar. Sehingga banyak calon pasien yang mengeluhkan mahalnya biaya aborsi yang ditawarkan Riko. "Gak segitu, Mas. Paling Rp5 juta. Itu udah bersih berikut obat dan segala macamnya," kata Rustam. 

Baik Riko maupun Rustam, sama-sama mengklaim bahwa pelayanan yang akan diberikan dijamin aman. Karena menggunakan dokter spesialis, yang juga bekerja di Rumah Sakit (RS) ternama di Jakarta. 

"Ini 100 persen aman. Makanya, Abang mending ngomong langsung sama ibu dokternya, biar jelas. Proses aborsinya juga dijamin cepat. Usai digugurkan, pasien kondisinya juga langsung pulih seperti biasa. Yang agak lama itu, ngilangin efek biusnya," ucap Riko. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Andi Adam Faturahman
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT