ADVERTISEMENT

Pagar Tribun JIS Roboh, PSI: Ini Memalukan, Pemprov DKI Harus Segera Evaluasi

Senin, 25 Juli 2022 15:03 WIB

Share
Kondisi pagar tribun utara JIS hancur akibat roboh. (foto:Ivan)
Kondisi pagar tribun utara JIS hancur akibat roboh. (foto:Ivan)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemprov DKI telah meresmikan stadion bertaraf international yang bernama Jakarta International Stadium (JIS) dengan ditandai laga persahabatan antara Persija Jakarta vs Chonburi FC (klub asal Thailand) pada Minggu 24 Juli 2022 kamarin.

Namun demikian, amat sangat disayangkan pembangunan stadion bertaraf international yang menghabiskan anggaran triliunan tersebut terlihat kurang kokoh. Pasalnya, saat Grand Launching laga persahabatan Persija vs Chonburi FC sontak pagar stadion yang berada di sisi Utara tersebut roboh.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraski PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra mengatakan kejadian tersebut merupakan hal yang memalukan bagi Pemprov DKI Jakarta.

 

"Baru saja diresmikan dan selesai dibangun bahkan pertama kali dipakai, masa sudah roboh, ini memalukan sekali. Pemprov DKI harus mengevaluasi Jakpro dan kontraktor yang membangun JIS tersebut," ujar Anggara dalam keterangannya di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Bukan hanya mengevaluasi, Anggara juga mendorong Pemprov DKI harus mengecek ulang semua fasilitas dan bangunan di JIS, memastikan bahwa stadion tersebut sudah layak dipergunakan.

"Pastikan kualitasnya benar benar layak dipergunakan secara massal. Di awal pembangunan saja gembar -gembor pembangunan JIS sampai menggandeng engineering dari Inggris yang turut merancang Olympic Stadium, Kandang Arsenal Emirates Stadium, dan Tottenham Hotspur Stadium di London. Alhasil, baru sekali digunakan sudah ada bagian yang roboh," ungkapnya.

Anggara juga mengungkapkan, jumlah penonton grand launching JIS kemarin masih di bawah kapasitas yang bisa ditampung oleh stadion tersebut.

Pasalnya, Jaklingko mengklaim mereka hanya menjual 64.000 tiket penonton, sedangkan kapasitas penonton di JIS bisa menampung hingga 82.000 penonton.

"Ini betul-betul menjadi perhatian kami di DPRD DKI. Pasalnya, stadion ini akan digunakan secara intensif untuk beragam kegiatan, jangan sampai konstruksi JIS malah tidak support bahkan ada roboh-roboh lainnya yang menyusul, apalagi sampai menelan korban. Pemprov harus segera benahi hal ini," tegas Anggara.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT