Ya Ampun! Tumpukan Sampah Kembali Tutupi Kali Jambe Jatimulya, 120 Ton Dibuang ke TPA Burangkeng 

Sabtu, 16 Juli 2022 11:22 WIB

Share
Petugas dari Daerah (UPTD) Kebersihan UPTD bersama BBWS saat mengeruk sampah di Kalijambe Tambun. (Ist).
Petugas dari Daerah (UPTD) Kebersihan UPTD bersama BBWS saat mengeruk sampah di Kalijambe Tambun. (Ist).

BEKASI, POSKOTA. CO.ID -  Tumpukan sampah rumah tangga sepanjang 50 meter mengular di aliran Kali Jambe tepat berada di perumahan Jatimulya Residence, Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan, Bekasi.

Salah satu warga Wihantono (54) mengatakan, sampah yang menumpuk telah terllihat sejak satu bulan terakhir.

Tak hanya, itu diduga sampah berasal dari hulu kali Jambe di wilayah Kota Bekasi.

Lebih lanjut, bila tumpukan sampah didominasi oleh sampah rumah tangga, yang diduga sengaja dibuang oleh warga ke aliran kali Jambe.

Hal itu juga dikhawatirkan dengan kondisi air kali Jambe menghitam dan mengeluarkan bau menyengat.

"Itu sampah kan dari atas sana (hulu) terus terbawa kesini, jadi kalau udah ada hujan itu pasti kebawa sampahnya sampai gorong-gorong pinggir tol dan menyumbat," ujar salah satu warga, Wihantono.

Sebelumnya tumpukan sampah tersebut juga sempat beredar di sosial media Instagram beberapa waktu lalu, hingga sampah terlihat tertahan di crossing tol Japek.

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebersihan wilayah 2, Sumardi, mengungkapkan, pihaknya bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, berupaya melakukan pembersihan serta pengangkatan sampah dari kali Jambe sejak tiga hari terakhir.

Pengangkatan tumpukan sampah tersebut, dibantu satu alat berat dari BBWS Ciliwung-Cisadane, dan 10 truk angkut sampah, serta menerjunkan belasan personil.

Dari disangkutknya sampah tersebut, dikatakannya sebanyak 120 ton sampah dapat diangkut Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar