Komnas HAM Bakal Panggil Sejumlah Saksi Kunci, Terkait Baku Tembak 2 Polisi di Rumah Kadiv Propam Polri

Kamis, 14 Juli 2022 07:03 WIB

Share
Komnas HAM (Sumber: Komnas HAM)
Komnas HAM (Sumber: Komnas HAM)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bakal memanggil sejumlah saksi kunci terkait kasus baku tembak dua ajudan Irjen Ferdy Sambo.

Pemanggilan akan dilakukan terhadap Bharada E, istri Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo dan keluarga Brigpol Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J .

Komnas HAM, Choirul Anwar mengatakan bahwa seluruh pihak yang terlibat dalam kasus baku tembak tersebut bakal dipanggil guna mengungkap secara terang kasus adu tembak antara Brigadir J dengan Bharada E beberapa waktu lalu.

“Semua pihak yang memiliki kaitan dalam pristiwa ini kami akan dalami mintain keterangan. Apakah kami akan datang atau kita panggil,” kata Anam kepada wartawan di Humas Mabes Polri, Rabu (13/7/2022).

 

Nantinya, kata Anam, adapun keterangan ketiga pihak ini akan menjadi kunci terang dalam mengungkap peristiwa baku tembak tersebut. Ia juga menegaskan, dari keterangan ketiga pihak ini akan menjamin hak yang sama di hadapan hukum.

“Semua pihak memiliki hak yang sama secara imparsial karena kerjanya Komnas HAM harus imparsial. Semua pihak boleh memberikan informasi termasuk juga kami akan panggil atau dalami,” ujar Anam.

Namun begitu, Anam mengaku jika Komnas HAM hingga saat ini belum mendapatkan bukti-bukti awal yang telah dikumpulkan oleh kepolisian. Seperti hasil olah TKP, pendalaman hasil autopsi hingga barang bukti yang didapat polisi.

“Kan kami masih proses awal mempelajari semuanya, plus karakter-karakter dasar soal bagaimana luka penggunaan senjata itu semua udah kami konsolidasi,” tukas dia.

Sebelumnya diketahui, Salah satu anggota Polri yang bertugas di Propam Polri, Brigadir J tewas usai saling tembak dengan anggota lainnya, Bharada E. Aksi penembakan tersebut diketahui terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar