ADVERTISEMENT

Meski Pemerintah Tetapkan Iduladha 10 Juli, Sejumlah Pejabat Tinggi Negara Diduga Tidak Mengikuti dan Ikut Iduladha 9 Juli

Sabtu, 9 Juli 2022 04:00 WIB

Share
Jamaah haji di Arafah. (Foto: Basheer Saleh/AN)
Jamaah haji di Arafah. (Foto: Basheer Saleh/AN)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait cuitan Tifatul Sembiring tersebut, ternyata menjadi debat, dan sifatnya perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah (sidang Istbat yang pakai rukyat).

"Kalender yg dicetak 6 bulan lalu jg tgl 9, tiba2 berubah tgl 10, yg ngeluarin data hari besar, hari libur, cuti kan pemerintah...bingung beneran," tulis netizen @NusaDirga.

Aku tgl 9 Juli aja Idul Adha nya Ust.  Mosok kita puasa arofah setelah wukuf, kan aneh. Hanya krn mau berbeda dgn yg lain, jd kacau balau semua," tulis @rahmaniarbaftim.

Mungkin kata mereka "ini Indonesia drun, bukan Arab! " Ambyar gak," tulis akun @Boedi_Ajahe

Namun, ada yang menimpali, hal seperti ini tidak perlu diperdebatkan, namun kemudian pernyataannya, lari ke masalah berbau politik.

Sudah lah bang, sentimen beda tanggal ini nggak usah diributin lagi. Tau kok kami arah twit ini ingin mempertanyakan kredibilitas pemerintah soal penetapan tanggal.
Padahal Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Brunei, juga sama idul adha nya 10 Juli. Ayolah," kata akun @idikms.

"Dalam hal ini saya sepakat dengan pemerintah, karena memang dalam hal ini ( penetapan awal bulan ) dilakukan dengan rukyat dan memang tidak harus berkiblat pada arab saudi," tulis netizen @ali_baagil5.

"Dari dulu udah biasa sering duluan di Saudi. Mungkin Tifatul baru lahir, jadi baru tahu. Bukannya dah dari dulu juga kemungkinan terlihat nya hilal lebih dulu itu dr yg lebih barat. Metodenya sama loh antara pemerintah Saudi dgn pemerintah kita," tulis akun netizen @cak_vin. (*/win)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT