ADVERTISEMENT

Rocky Gerung Sebut Jokowi Jadi Bebek Lumpuh, Prof Saiful Mujani Bilang Tak Berlaku Bagi Jokowi: Dia Punya Banyak Agenda Besar

Kamis, 7 Juli 2022 22:06 WIB

Share
Kolase foto Saiful Mujani dan Rocky Gerung.
Kolase foto Saiful Mujani dan Rocky Gerung.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belakangan sering beredar istilah bebek lumpuh (lamp duck) yang ditujukan kepada Presiden Jokowi. Istilah itu makin tandas ketika mahasiswa BEM UI demo untuk kado ulang tahun Presiden Jokowi, 21 Juni lalu.

Sebutan Bebek lumpuh ini disampaikan oleh Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo, sebagai kritik keras mereka terhadap Presiden yang dinilai tidak bisa mengeluarkan powernya untuk kepentingan populis.

Dalam hal ini mahasiswa mengkritik munculnya RUU KUHAP yang pasal-pasalnya kalau nanti disahkan akan membungkam kebebasan berpendapat. Terutama pada kritik-kritik terhadap kekuasaan, akan kena pasal.

Saat demo itu keluar teriakan 'Jokowi Bebek Lumpuh.' Seruan tersebut menggema usai Ketua BEM Universitas Indonesia, Bayu memberikan orasi yang menyebut sang presiden sebagai 'Bebek Lumpuh."  Istilah ini dalam ilmu politik sebenarnya, kondisi saat Presiden sudah tidak bisa berbuat banyak, karena sudah ada presiden terpilih.

Dalam penjelasannya, karena Presiden tidak bersikap dengan adanya RUU seperti itu. Mahasiswa teringat juga soal UU KPK, yang melemahkan KPK.

Berikutnya, dengan sekilas pengamat politik Rocky Gerung juga ikut menandaskan istilah itu, bersamaan untuk menyebut 'lumpuhnya' Ganjar di Rakernas PDIP.

Rocky Gerung menyebut Jokowi bebek lumpuh atau Lame Duck, kemudian mengumpamakan Ganjar saat sudah menjadi Fried Duck alias bebek goreng. 

"Kalau Pak Jokowi disebut Lame Duck, bebek lumpuh, Ganjar itu udah jadi Fried Duck, bebek goreng, karena sudah di kuali dimasak dan nggak mungkin lagi tertolong," ungkapnya melalui channel Youtubenya Rocky Gerung Official dikutip Selasa 5 Juli 2022.

Ternyata, ada yang tidak terima dengan sebutan itu. Dia adalah Prof Saiful Mujani, guru besar politik UIN Syarif Hidayatullah Ciputat. Hal itu diungkapkan di akun twitternya. 

Menurut Prof Saiful Mujani, sebutan bebek lumpuh itu tidak berlaku bagi Jokowi, sebab dia punya banyak agenda besar.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT