ADVERTISEMENT

Keren! Melalui Gerakan Emak - emak PKK, Kelurahan Cigadung Pandeglang Bakal Jadi Lumbung Minyak Goreng Keletik

Minggu, 3 Juli 2022 13:20 WIB

Share
Emak - emak PKK Cigadung, Pandeglang saat mengolah buah kelapa jadi minyak goreng keletik. (Samsul Fatoni).
Emak - emak PKK Cigadung, Pandeglang saat mengolah buah kelapa jadi minyak goreng keletik. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Wilayah Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, bakal jadi lumbung minyak goreng keletik dari buah kelapa hasil olahan tangan kreatif kaum emak - emak PKK.

Hari ini, Minggu (3/7/2022) puluhan emak - emak yang tersebar di 13 Rukun Warga (RW) di Kelurahan tersebut serempak memproduksi minyak goreng keletik dari buah kelapa.

Hasil olahan minyak goreng keletik tersebut, selain untuk menjadi kebutuhan warga  sendiri, juga nantinya bakal dipasarkan di wilayah Kabupaten Pandeglang hingga ke luar daerah.

"Supaya publik juga tahu jika di Cigadung ini ada produk minyak keletik dari buah kelapa, hasil kreasi kaum emak - emak dari kelompok Pergerakan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Cigadung," ungkap Lurah Cigadung, Ifan Timi Hanafi kepada Poskota.co.id Minggu (3/7/2022).

Dikatakannya, hari ini kaum emak - emak melalui gerakan PKK Cigadung di 13 RW, secara serempak memproduksi minyak keletik dari buah kelapa.

Mulai dari mengupas buah kelapa hingga mengolahnya menjadi minyak, dikerjakan secara manual tanpa menggunakan alat canggih.

"Nanti, dari hasil olahan minyak keletik buah kelapa itu, akan dipasarkan kepada masyarakat luas dengan harga yang relatif murah, sehingga bisa terjangkau oleh warga," ujarnya.

Pihaknya juga punya harapan besar dari kegiatan tersebut. Wilayahnya jadi lumbung minyak keletik yang mampu menopang kebutuhan minyak goreng bagi masyarakat, dan tentunya mendongkrak prekonomian warga.

"Supaya masyarakat luas tahu kalau di Cigadung banyak minyak goreng keletik bahkan jadi lumbung minyak ini, hasil produksi kaum emak - emak yang dimotori oleh PKK Cigadung," harapnya.

Ketua PKK Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Eneng Eha menuturkan, pembuatan minyak goreng keletik ini sebagai motivasi juga bagi warga di Cigadung. Lantaran saat ini harga minyak lagi tinggi, ditambah ada kebijakan membeli minyak goreng curah harua menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT