ADVERTISEMENT

7 Tahun Jadi Misteri, Polda Metro Jaya Janji Bakal Terus Selidiki Kasus Tewasnya Akseyna Mahasiswa UI

Jumat, 1 Juli 2022 09:16 WIB

Share
Ilustrasi mengenang 7 tahun kematiam Akseyna Ahad Dori.(Ist)
Ilustrasi mengenang 7 tahun kematiam Akseyna Ahad Dori.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Sudah  7 tahun kasusTewasnya Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Akseyna Ahad Dori menjadi misteri. Hingga kini tak pernah diketahui dugaan pasti penyebab dan pelakunya.

Saat itu, juru bicara Polres Metro Depok, Ipda Bagus Suwardi mengatakan, bahwa kematian Akseyna diduga bunuh diri. Hal tersebut diutarakannya dengan berdasar pada sejumlah temuan barang bukti.

Namun, berbeda dengan pernyataan Ipda Bagus, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya saat itu, Kombes Khrisna Murti menyebut, bahwa kematian Akseyna terjadi secara tidak wajar.

Menanggapi peliknya kasus kematian Akseyna, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya saat ini, yaitu Kombes Endra Zulpan mengatakan, pada dasarnya penyidik dan anggota Polda Metro Jaya akan tetap bekerja sebelum kasus Akseyna ini masuk dalam masa batas kedaluwarsa.

"Jadi terkait Akseyna, rekan-rekan kita tetap bekerja ya, kan kasus ini ada kedaluwarsanya. Ini kan kedaluwarsanya belum berlaku. Penyidik masih bekerja," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (30/6/2022).

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan itu juga menegaskan, bahwa meski waktu  berlalu dan pejabat hingga anggota di Polda Metro Jaya silih berganti, hal itu tak akan menyurutkan niat pihaknya untuk terus menyelidiki dan mengungkap tabir gelap yang ada dalam kasus kematian Akseyna.

"Walau berganti pejabat di Direktorat Reserse ini, (kasus Akseyna) tetap berlanjut dikerjakan," ucap Zulpan.

Namun, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1995 itu juga mengakui, bahwa tak mudah bagi pihaknya untuk dapat mengungkap tabir gelap dari kasus tewasnya mahasiswa FMIPA UI ini begitu saja.

"Tetapi, perkembangannya belum bisa saya sampaikan lebih lanjut karena  belum ada temuan yang signifikan yang bisa saya sampaikan ke media. Nanti akan kita jadwalkan setelah penyidik mendapatkan hal baru, kita akan update kasusnya," pungkas mantan Kapolsek Metro Gambir tersebut.

Sebagaimana diketahui, kasus kematian seorang Mahasiswa UI, Akseyna Ahad Dori seakan menjadi misteri setelah 7 tahun lamanya tak ditemukan adanya pengungkapan kasus yang sahih dari Kepolisian.

Adapun Akseyna yang merupakan mahasiswa jurusan Biologi FMIPA UI itu, ditemukan mengapung dalam keadaan tak bernyawa di Danau Kenanga, UI pada (26/3/2015) silam. Dia ditemukan mengapung sekitar 1 meter dari tepi danau yang memiliki kedalaman 1,5 meter itu.

Selain itu saat ditemukan, diketahui dari dalam tas yang digendong Akseyna ditemukan beberapa batu dan juga luka lebam pada sekitar tubuhnya.

Sampai detik ini, kasus kematian Akseyna masih menjadi misteri yang tak kunjung dapat terpecahkan. Banyak ditemukan kejanggalan apabila Akseyna dinyatakan meninggal akibat bunuh diri. Jika memang dibunuh, hingga detik ini pun tersangka dalam kasus itu  juga tak kunjung ditemukan. (Adam).

 

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT