Siap-siap! Siang Ini Seribu Mahasiswa akan Geruduk dan Berunjukrasa  di Depan Gedung DPR/MPR, Tuntut Transparansi RKUHP

Selasa, 28 Juni 2022 10:36 WIB

Share
Siap-siap! Siang Ini Seribu Mahasiswa akan Geruduk dan Berunjukrasa  di Depan Gedung DPR/MPR, Tuntut Transparansi RKUHP
Ilustrasi aksi demonstrasi mahasiswa.(Ahmad Tri Hawaari)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ratusan hingga seribu mahasiswa dari sejumlah elemen gabungan akan geruduk dan berunjukrasa  di  depan gedung DPR/MPR Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Aksi dilakukan buntut tak transparannya pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama pemerintah hingga krononinya. 

Mahasiswa menuntut DPR dan pemerintah untuk transparan dalam membahas RKUHP yang di beberapa poinnya dinilai masih kontroversial.

Upaya Pengamanan

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Komarudin mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama berjalannya aksi demonstrasi tersebut, Kepolisian telah menyiapkan sejumlah upaya-upaya pengamanan guna menjaga kondusifitas .

"Jadi rencananya ada beberapa elemen gabungan dengan tuntutan terkait RKUHP. Ada dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI, UNJ, UKI, termasuk Blok Politik Pelajar dengan estimasi jumlah massa sekitar 500-1.000 orang," kata Komarudin saat dihubungi wartawan, Selasa (28/6/2022).

Namun, ketika ditanyai terkait dengan berapa banyak jumlah personel yang bakal diterjunkan ke lokasi demonstrasi, perwira polisi berpangkat melati tiga itu masih enggan membeberkan detail berapa jumlahnya.

Orang nomor 1 di Polres Metro Jakarta Pusat itu hanya menyebut, jumlah personel yang diterjunkan disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan pengamanan di lapangan nanti.

"Kita akan turunkan personel sesuai kebutuhan dan potensi kerawanan ya. Sementara kita masih buatkan Ren Pam," ujar dia.

"Dan untuk elemen yang bakal aksi, itu hanya mahasiswa saja. Mereka satu titik aksinya yaitu di depan Gedung DPR, dan keterangannya mereka (Aliansi Nasional Reformasi RKUHP) bakal datang pukul 11.00 WIB siang," sambung Komarudin.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar