Mahasiswa Gelar Demo Hari Ini di DPR, Kapolres Jakpus: Waspada Penyusup!

Selasa, 28 Juni 2022 17:05 WIB

Share
Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Komarudin. (Iqbal)
Kapolres Metro Tangerang Kombes Pol Komarudin. (Iqbal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kapolres Jakpus, Kombes Pol Komarudin meminta kepada mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, menyampaikan aspirasinya secara damai dan waspada adanya penyusup.

"Yang pertama tentu seluruh masyarakat atau kelompok siapapun itu yang ingin sampaikan aspirasinya di muka umum diatur dalam UU dan hak warga negara," ucap Komarudin, Selasa (28/6/2022).

Namun, Komarudin melanjutkan, harus tetap antisipasi dan perhatikan beberapa hal yang diatur.

Dia mengimbau, agar jangan sampai gerakan aspirasi yang disampaikan mahasiswa disusupi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Kami imbau bersama menjaga jangan sampai aspirasi yang diusung dikotori oleh ulah oknum dari kelompok-kelompok lain yang akan bergabung," katanya.

"Kami harap kerjasamanya untuk bersama-sama mengawasi. Karena yang tahu itu mereka-mereka juga siapa yang temannya atau bukan," sambung Komarudin.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih melakukaan pemetaan untuk mengantisipasi sekiranya ada dari kelompok lain yang akan bergabung.

"Kami juga sampai saat ini kita masih melakukan mapping di wilayah-wilayah karena yang akan gabung juga ada dari temen-teman mahasiswa dari Tangerang juga dan beberapa di luar Jakarta," tambahnya.

Diketahui, hari ini, Selasa (28/6/2022) sedang berlangsung sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi RKUHP menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPR.

Sebelumnya diberitakan, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Nasional Reformasi RKUHP, bakal menggeruduk komplek Gedung DPR/MPR RI dengan salah satu tuntutannya, yakni menuntut DPR RI untuk transparan dalam melakukan giat pembahasan terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang dinilai masih terdapat poin kontroversial, pada Selasa (28/6/2022) siang hari ini.

Kabar mengenai akan adanya aksi demonstrasi aliansi mahasiswa itu pun dibenarkan oleh Direktur Intelijen Keamanan (Dirintelkam) Polda Metro Jaya, Kombes Hirbakh Wahyu Setiawan.

"(Siang ini ada demonstrasi mahasiswa?) Ya benar, hanya mahasiswa saja dengan estimasi jumlah massa sekitar 500-an orang yang mereka sampaikan dalam Surat Pemberitahuan," kata Hirbakh saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/6/2022).

"Berdasarkan Surat Pemberitahuannya, mereka mengatasnamakan diri dengan nama Aliansi Nasional Reformasi RKUHP," sambung Hirbakh. (cr02)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar