ADVERTISEMENT

Adakan Rapat Koordinasi Tengah Tahun 2022, Menteri PUPR: Tingkatkan Terus Pelayanan Jalan Tol

Selasa, 28 Juni 2022 16:45 WIB

Share
Rapat Koordinasi Tengah Tahun 2022 Kementerian PUPR. (Foto: Kementerian PUPR)
Rapat Koordinasi Tengah Tahun 2022 Kementerian PUPR. (Foto: Kementerian PUPR)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LOMBOK, POSKOTA.CO.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyampaikan pesan agar para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung Asosiasi Tol Indonesia (ATI) dapat menyusun program untuk meningkatkan layanan jalan tol bagi para pengguna.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Tengah Tahun Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin malam (27/6/2022).

Mengawali arahannya, Menteri Basuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh BUJT yang telah berkontribusi mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

“Apresiasi disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada Ratas Kabinet serta dari  Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR-RI pada saat Raker Evaluasi Mudik Lebaran 2022 minggu lalu. Secara garis besar masyarakat puas dengan layanan jalan tol selama mudik Lebaran 2022 yang sudah lebih baik,” kata Menteri Basuki. 

Secara khusus, Menteri Basuki meminta kepada para BUJT selaku pengelola di masing-masing ruas jalan tol untuk memulai penyiapan kantong parkir tambahan dan toilet umum di rest area.

“Keterbatasan area parkir menyebabkan banyak pengemudi yang memarkir kendaraan di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan. Sehingga sebelum masa mudik Lebaran 2023, saya minta kantong parkir tambahan sudah dapat terealisasi,” kata Menteri Basuki.

Selain itu BUJT juga diminta melakukan penataan lansekap dan beautifikasi pada ruas-ruas tol operasional, seperti pengecatan marka jalan, median/pembatas (concrete barrier), gantry, pintu tol dan gardu agar lebih rapi, bersih dan tidak kumuh. 

Pada periode 2015-2019, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.400 km termasuk tersambungnya Tol Trans Jawa dan dimulainya Tol Trans Sumatera sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Pada periode 2020-2024, diharapkan target pembangunan jalan tol sepanjang 1.567 km dapat terwujud, dimana dari tahun 2020 hingga Mei 2022 telah diselesaikan sepanjang 412 km dan akan menyusul 320 km jalan tol baru yang tersebar di 16 ruas hingga akhir tahun 2022 mendatang.

Menteri Basuki berpesan, agar dengan sisa waktu 2,5 tahun lagi, seluruh anggota ATI dapat bekerja keras mempercepat penyelesaian berbagai ruas jalan tol yang sudah sangat ditunggu manfaatnya oleh masyarakat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT