Gercep! Rumah Relokasi di Bogor Tertimbun Longsor, Mensos Risma Bakal Evaluasi

Sabtu, 25 Juni 2022 07:00 WIB

Share
Gercep! Rumah Relokasi di Bogor Tertimbun Longsor, Mensos Risma Bakal Evaluasi
Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat mengunjungi lokasi longsor di Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor. (foto: poskota/panca)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Rumah-rumah warga yang menjadi korban longsor di Desa Cibunian, Pamijahan, Kabupaten Bogor merupakan rumah relokasi dari bencana sebelumnya.

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini bakal lakukan evaluasi secara menyeluruh.

"Kan rumah yang terjadi longsor kali ini adalah relokasi juga, karena itu harus dievaluasi secara menyeluruh dulu untuk mengetahui kondisi di daerah ini seperti apa," ungkapnya saat melakukan kunjungan ke Desa Cibunian pada Jum'at 24 Juni 2022, malam.

Risma mengatakan, sebelum diambil keputusan untuk melakukan evaluasi menyeluruh, pihaknya akan melakukan kajian-kajian terkait bencana alam.

"Tadi saya sampaikan ke BPBD dan kepada Dinsos nanti evaluasi seluruhnya, jadi nanti kita akan komunikasi dengan badan geologi yang di bawah kementerian ESDM maupun BMKG, supaya kita dapat melihat kondisinya seperti apa saat ini," ucap Risma.

Menteri Sosial ini pun mengatakan, tak menutup kemungkinan rumah warga yang saat ini menjadi korban banjir dan longsor akan kembali dilakukan relokasi.

"Mungkin saja terjadi cuman kan harus dilihat kondisi lokasinya bahwa itu save (aman ditempati)," tuturnya.

Risma pun mengatakan, pihaknya akan melakukan bantuan kepada warga terdampak selama masa pengungsian.

"Kalo memang masih dibutuhkan kami akan membantu, cuman kan tidak bisa selamanya seperti ini, karena itu tadi langkah selanjutnya seperti itu (evaluasi menyeluruh)," paparnya.

Wanita ini menjelaskan, saat ini pihaknya belum melakukan pendataan secara menyeluruh karena lebih dulu mementingkan bantuan pertama pada korban bencana.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar