ADVERTISEMENT

Ini Deretan Alasan Roy Suryo Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Minggu, 19 Juni 2022 13:00 WIB

Share
Roy Suryo di Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022). (Ist)
Roy Suryo di Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022). (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Unggahan meme stupa Candi Borobudur yang disebut mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh Roy Suryo di akun Twitternya @KRMTRoySuryo2 berbuntut panjang. Unggahan tersebut menjadi viral dan banyak disorot tokoh hingga warganet.

Dalam akun twitternya, Roy mengunggah foto tersebut disertai sebuah narasi. Narasi tersebut menyinggung rencana pemerintah terkait kenaikan tarif masuk Candi Borobudur.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Namun, unggahan tersebut sudah dihapus oleh Roy. Dalam unggahan lainnya, Roy menegaskan meme tersebut bukan dibuat oleh dirinya, melainkan oleh akun lain di Twitter.

Meski Roy sudah meminta maaf atas unggahannya itu, namun berakhir berbuntut panjang. Roy mendatangi Polda Metro Jaya untuk memberikan klarifikasi. Bahkan, ia juga melaporkan 3 akun medsos yang dituding pertama kali membuat meme tersebut ke polisi.

Lantas apa sebenarnya alasan Roy mengunggah meme tersebut?

1. Roy Suryo Sebut Unggah Meme Tersebut Respons Terhadap Tarif Kenaikan Borobudur

Roy mengatakan tidak ada niatan menghina agama Budha dengan mengunggah kembali meme patung di Candi Borobudur yang diubah wajahnya mirip Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan,unggahan di akun Twitter itu sebatas bentuk sikap kritis terkait rencana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.

"Sekali lagi saya minta maaf, dan saya akui ketika itu terjadi bahwa saya menyesal juga. Karena ini sudah mencederai sebagian dari masyarakat Indonesia terutama umat Buddha," ucap Roy di Polda Metro Jaya pada Kamis (16/6/2022).

Roy mengatakan ucapan permintaan maaf dan penyesalannya bukan berarti dirinya akan lepas tangan. Untuk itu, dia membuat laporan polisi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya terhadap sejumlah akun yang diduga menjadi pembuat meme foto Jokowi di stupa Borobudur dan pertama kali mengunggahnya di media sosial

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT