Peduli Lingkungan, PPLI Gandeng Stakeholder 'Geber' Ciliwung

Sabtu, 18 Juni 2022 15:31 WIB

Share
Pelepasan bibit ikan dalam program Geber untuk Ciliwung bersih. (foto: ist)
Pelepasan bibit ikan dalam program Geber untuk Ciliwung bersih. (foto: ist)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - PT. Prasadha Pamunah Limbah Industry (PPLI) menggandeng Stake Holder terkait menggelar program kolaboratif geber untuk Ciliwung bersih pada Sabtu 18 Juni 2022.

Kesadaran masyarakat akan buang limbah rumah tangganya dengan benar masih jauh panggang dari api. Hingga sebagian masyarakat di kota besar yang mayoritas kalangan terdidik juga tak menjamin tidak mencemari lingkungan.

Menurut Manajer Humas PPLI, Arum Tri Pusposari, perilaku sebagian warga di bantaran sungai menganggap cara paling praktis melenyapkan sampah rumah tangga dengan melemparnya ke daerah aliran sungai.

"Mereka tak sadar perilaku tersebut bakal menimbulkan malapetaka ketika musim penghujan tiba," ungkapnya kepada wartawan.

Sampah-sampah yang dibuang ke sungai pun ternyata beragam, bukan hanya plastik atau bungkus nasi, tapi juga ban bekas, kasur, lemari hingga alat elektronik seperti televisi, batu baterai dan lampu yang tak terpakai lagi.

"Mereka tak sadar barang elektronik itu merupakan limbah bahan berbahaya beracun (B3) yang dapat membahayakan jiwa manusia," kata Arum.

Melihat hal itu, perusahaan pengolah limbah B3 PT. PPLI menginisiasi program kolaboratif geber untuk ciliwung bersih.

"Geber ini merupakan singkatan dari gerakan bersama. Suatu istilah untuk sebuah kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama atau kolaboratif," tutur Arum Tri Pusposari di sela-sela kegiatan Geber Ciliwung markas Rindam Jaya.

"Kegiatan Geber Ciliwung ini berlangsung selama tiga hari sejak 16 Juni dan berakhir hari ini (18/6)," sambungnya.

Geber Ciliwung, lanjut Arum, merupakan kegiatan sosial perusahaan dengan mengambil momentum hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh tanggal 5 Juni.

Halaman
Editor: Cahyono
Contributor: Panca Aji
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar