Dag Dig Dug...Takut Ditilang karena Terjaring Operasi Patuh Jaya 2022, Eh Malah Dapat Helm Gratis dari Polisi

Jumat, 17 Juni 2022 13:16 WIB

Share
Satlantas Polres Metro Jakarta Barat saat memberikan helm secara gratis kepada pengendara roda dua dalam operasi Patuh Jaya 2022. (Pandi)
Satlantas Polres Metro Jakarta Barat saat memberikan helm secara gratis kepada pengendara roda dua dalam operasi Patuh Jaya 2022. (Pandi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Puluhan kendaraan roda dua di Kolong Fly Over Pesing, Jakarta Barat, terjaring dalam Operasi Patuh Jaya 2022. Mayoritas pengendara yang melanggar yakni tidak memakai helm.

Meski demikian, puluhan pengendara yang terbukti melanggar dengan tidak memakai helm terserbut tidak diberikan tindakan tilang. Mereka justru mendapatkan helm SNI secara gratis yang diberikan polisi.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Maulana Jali Karepesina mengatakan, dalam operasi Patuh Jaya 2022 ini, pihaknya tidak memberikan tindakan tilang kepada pengendara yang melanggar.

"Jadi operasi Patuh Jaya ini kami sampaikan bahwa dilakukan secara preventif. Kemudian juga dilakukan penindakan berupa teguran. Kami tidak melakukan penindakan tilang, namun teguran," ujarnya kepada wartawan di lokasi, Jumat (17/6/2022).

Para pelanggar yang tidak memakai helm tersebut kemudian diberikan helm secara gratis oleh petugas. Sebanyak 100 helm SNI disediakan bagi masyarakat.

Maulana menjelaskan, tujuan diberikannya helm gratis kepada para pelanggar tersebut sekaligus memberikan edukasi kepada pelanggar agar mematuhi peraturan lalulintas saat berkendara.

"Kalau kita tanya dengan yang bersangkutan pasti jawabnya ketinggalan, ilang atau engga lupa. Sedangkan mereka di jalan ini menuju ke tujuan yang akan mereka lakukan," jelasnya.

"Jadi untuk memberikan edukasi keselamatan para pengendara ini kami memberikan helm, sehingga pengendara yang jalan ke tujuan paling tidak kelengkapan sudah memenuhi," tambahnya.

Lanjut Maulanan, Operasi Patuh Jaya 2022 akan rutin dilaksanakan Satlantas Polres Metro Jakarta Barat dari tanggal 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022 mendatang.


Adapun titik lokasinya mobile atau berpindah-pindah, salah satunya di Kolong Fly Over Pesing yang hari ini dilakukan, kemudian di Jalan Tomang Raya, Jalan Raya S Parman, dan Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. (Pandi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar