ADVERTISEMENT

25 Tahun Hong Kong Kembali ke Pangkuan Tiongkok, Ini Perayaannya

Jumat, 17 Juni 2022 19:00 WIB

Share
Bendera Hong Kong dan Tiongkok.
Bendera Hong Kong dan Tiongkok.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

HONG KONG, POSKOTA.CO.ID - Perayaan awal ulang tahun ke 25 kembalinya Hong Kong ke Tiongkok digelar.

Hadir sejumlah tokoh dalam perayaan yang digelar pada Kamis (16/6/2022). Seperti pemimpin sekarang Carrie Lam, pemimpin berikutnya John Lee, dan pejabat-pejabat dari Tiongkok daratan.

Acara dibawakan dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Sementara bahasa Kanton yang digunakan mayoritas orang di Hong Kong tidak digunakan.

Rangkaian kegiatan ini disebut sebagai forum internasional.

Diselenggarakan oleh Grup Kebudayaan Bauhinia yang dikelola orang-orang dari Tiongkok daratan. Bauhinia adalah bunga resmi Hong Kong.

Semua pembicara memuji model "satu negara dua sistem" dalam pidatonya.

Model "satu negara dua sistem" memungkinkan Hong Kong tetap dengan pemerintahan lokal yang berbeda dengan yang ada di Tiongkok daratan.

Tak seorang pun dari mereka yang meminta maaf atas pemerintahan tidak populer yang dipimpin Carrie Lam dan upayanya terhadap undang-undang ekstradisi pada 2019 yang menyebabkan jutaan orang melancarkan protes di jalan-jalan Hong Kong.

Sebaliknya para pembicara mengkritik masyarakat Hong Kong. Ketua Eksekutif terpilih John Lee menyebut protes 2019 sebagai kerusuhan dan kekerasan yang belum pernah terjadi.

Kerusuhan terburuk dalam sejarah Hong Kong terjadi pada 1960an.Hal ini diprovokasi Partai Komunis Tiongkok yang sedang melakukan Revolusi Kebudayaan dan bom-bom membunuh warga Hong Kong saat itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT