ADVERTISEMENT

Reshuffle Bukan Jaminan!

Kamis, 16 Juni 2022 09:57 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Memang reshuffle adalah upaya perbaikan di tubuh pemerintahan, tetapi bukan satu- satunya jalan. Kita berharap akan menjadi baik, tetapi belum juga menjadi jaminan akan menjadi lebih baik, jika tidak cermat dan tidak tepat menggeser posisi, mengganti dan menempatkan penggantinya.

Yang diperlukan sekarang ini para elite politik harus turun gunung mempelopori gerakan sense of crisis secara nyata, bukan sebatas retorika dan slogan belaka.
Kepekaan menghadapi krisis dengan merespons secara cepat terhadap masalah yang terjadi, diikuti gerakan nyata untuk menyelesaikan problema yang sesungguhnya, seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini.

Dengan begitu, sense of crisis akan menyoal dua hal penting. Pertama, kepekaan untuk mendengar apa yang menjadi keluhan, keresahan dan permasalahan  publik. Kedua, kewaspadaan dalam mempersiapkan strategi terbaik yang dijadikan solusi atas krisis yang bakal dihadapi.

Sebagai suatu bangsa yang pernah mengalami pahit getirnya penjajahan, sudah sepantasnya dalam diri kita senantiasa tertanam falsafah “sense of crisis” yang benar – benar dapat menyatu dalam jiwa dan nurani bangsa kita.  Nilai – nilai gotong royong, saling tolong menolong, cerminan dari kepekaan dalam menghadapi krisis sebagaimana terangkum dalam falsafah bangsa kita.

Keteladanan para elite politik menularkan sikap “sense of belonging “ dan “sense of responsibility”  sebagai bagian tak terpisahkan dari “sense of crisis”. Siapa pun dia, para elite  hendaknya “rumangsa melu handarbeni “  - merasa ikut memiliki dan “wajib hangrungkebi “ – wajib ikut membela sesama. Jika pejabat negara tentunya harus memiliki "roso", ikut merasa menjadi rakyat dengan demikian akan membela kepentingan rakyatnya. ( Azisoko *)

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT