ADVERTISEMENT

Realisasikan Program Internasionalisasi Kampus, Universitas Pancasila Jalin MoU dengan Technische Universität Ilmenau (TUI) di Ilmenau, Jerman

Rabu, 15 Juni 2022 22:05 WIB

Share
Universitas Pancasila (UP) Gelar (MoU) dengan Technische Universität Ilmenau (TUI) di Ilmenau, Jerman. (ist)
Universitas Pancasila (UP) Gelar (MoU) dengan Technische Universität Ilmenau (TUI) di Ilmenau, Jerman. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Untuk memenuhi Program internasionalisasi kampus yang diselenggarakan Kemendikbudristek, Universitas Pancasila (UP) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Technische Universität Ilmenau (TUI) di Ilmenau, Jerman, pada Selasa (14/6/2022).

MoU ini mencakup kerja sama aktivitas riset, akademik, dan kegiatan-kegiatan terkait Tridharma Perguruan Tinggi lainnya.

Pada dokumen MoU tercantum cakupan antara lain pertukaran dan kunjungan dosen atau staff, informasi dan materi referensi dan kajian yang telah dilakukan kedua belah pihak. 

Pihak UP diwakili oleh Rektor Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, S. H., M. Si., FCBArb, sedangkan TUI diwakili oleh Presiden Prof. Dr. Ing. habil. Kai-Uwe Sattler. 

Kerja sama kedua universitas sudah berlangsung sejak 2020, khususnya melalui Institute of Media and Communication Science bidang Riset Media dan Komunikasi Politik TU Ilmenau melalui grup riset yang diketuai oleh Prof. Jens Wolling dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, Anna Agustina, Ph.D. 

"Penandatangan MoU UP dan TU Ilmenau ini merupakan salah satu indikator komitmen UP dalam program internasionalisasi kampus yang dicanangkan Kemendikbud," kata Prof. Dr. Edie Toet Hendratno.

Hadir menyaksikan penandatangan MoU, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Prof. Dr. Ardi Marwan, bersama dua stafnya, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UP, Anna Agustina, Ph.D dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama Fakultas Ilmu Komunikasi UP, Umar Halim, MSoc, M.Si.

Saat ini, Fakultas Komunikasi UP telah melakukan riset bersama terkait virus Covid-19 yg telah dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional.

"Working grup di TU Ilmenau yang kita ajak kerjasama adalah working group sustainability and science communication yang memiliki visi yang sama dengan pusat kajian komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi UP yang sejak 2017 diakui jejaring UNESCO ORBICOM sebagai chair on Communication and Sustainable Development (COSDEV CHAIR), yaitu mengkaji isu-isu keberlanjutan pembangunan dan pengembangan masyarakat dari perspektif komunikasi," paparnya.

Anna Agustina, Ph.D mengatakan isu Virus Corona adalah isu besar yang banyak mengancam keberlanjutan kegiatan rutin masyarakat, sehingga pengkajian dalam pandangan masyarakat dalam menghadapi isu tersebut dengan hasil yang telah kita publikasikan di dalam jurnal ISKI (Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT