ADVERTISEMENT

Gus Yaqut Dorong PTKIN dan PTKIS Songsong Cita-Cita Indonesia Emas 2045

Senin, 13 Juni 2022 14:42 WIB

Share
Seminar bertajuk
Seminar bertajuk "Membangun Optimisme Individu, Masyarakat dan Bangsa dalam Menyongsong Cita-cita Emas Indonesia Tahun 2045" di UIN Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/6/2022). (Foto: Dok. Kemenag RI).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Visi Indonesia 2045 merupakan sebuah gagasan bagi Indonesia menjadi negara berdaulat, maju, adil, dan makmur serta menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima yang diperkirakan jatuh pada 2045. 

Kementerian Agama RI turut menyambut kebangkitan baru di usia 100 tahun nanti agar Indonesia Emas 2045 bisa benar-benar terwujud. Salah satunya dengan menyelenggarakan seminar Indonesia Emas yang dilaksanakan di Auditorium UIN Alauddin Makassar, Senin (13/06/2022).

Seminar bertajuk "Membangun Optimisme Individu, Masyarakat dan Bangsa dalam Menyongsong Cita-cita Emas Indonesia Tahun 2045" menampilkan narasumber motivator nasional Dr Arvan Pradiansyah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim serta Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis. 

Kegiatan ini melibatkan ribuan mahasiswa dari 151 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang hadir secara langsung maupun online. 

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan seminar Indonesia Emas 2045. Menurutnya, hal ini merupakan ide luar biasa dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam upaya menanamkan kepercayaan diri bagi mahasiswa sejak dini. 

Pasalnya, masa depan bangsa Indonesia di tahun 2045 ditentukan oleh generasi muda sekarang yang masih berada di bangku perkuliahan.

“Ide brilian Gus Menteri ini dalam upaya untuk menanamkan kepercayaan diri pada generasi muda, dan khususnya kepada mahasiswa terutama dalam membangun optimisme diri dan membangun optimisme bangsa menjadi negara maju di tahun 2045,” kata Prof Hamdan dalam sambutannya.

Prof Hamdan menuturkan, masa kejayaan Indonesia diprediksi akan terjadi pada 2045, di mana anak-anak muda yang saat ini duduk di bangku kuliah akan menjadi pemeran utama atau ujung tombak atau pemeran utama pada masa keemasan itu. 

“Anak-anakku saat ini masih berusia belasan tahun, di tahun 2045 nanti memasuki usia puncak yakni 40 tahun. Jadi kalian para mahasiswa akan masuk pada usia produktivitas, semoga semua sehat-sehat agar menjadi orang pertama pada masa Indonesia emas, Indonesia maju,” ucapnya.

“Masa keemasan Indonesia ini bisa terjadi satu kali dalam perjalanan bangsa Indonesia. Buat pengajar muda, 2045 ini itu masa produktif. Itu sebabnya pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Gus Menteri yang bersedia menyampaikan materi terkait optimisme diri mahasiswa,” imbuhnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT