Moncer! Airlangga Berpotensi Jadi Capres Pilihan Rakyat, Pengamat: Elektabilitas Airlangga Bukti Kinerjanya

Jumat, 10 Juni 2022 11:29 WIB

Share
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto turut hadir dalam acara puncak GTRA Summit 2022 secara virtual. (foto: ist)
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto turut hadir dalam acara puncak GTRA Summit 2022 secara virtual. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Teguh Yuwono menilai elektabilitas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bakal melejit diantara kandidat lainnya. Menurutnya, Airlangga berpotensi menjadi calon presiden terkuat di Pilpres 2024.

Teguh mengaku, melihat hasil survei Citra Network Nasional (CNN) yang menempatkan elektabilitas Airlangga jauh di atas kandidat lain. Terlebih, tingginya elektabilitas Airlangga berkorelasi dengan keinginan responden terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Saya melihat hasil survei CNN yang membuat elektabilitas Airlangga adalah bukti kinerja Airlangga sebagai Menko Perekonomian dan Ketum Golkar membuat partai besar itu naik elektabilitasnya," kata Teguh dalam keterangan, Kamis 9 Juni 2022.

Teguh mengatakan, hasil survei CNN menunjukkan tingkat popularitas kandidat lain tak sejalan dengan capaian kinerja menurut responden. Nama-nama seperti Ganjar Pranowo Anies Baswedan, maupun Prabowo Subianto memang memiliki popularitas 70 hingga 85 persen responden. 

Namun, sebanyak 90,8 persen dari 2.200 responden menyatakan tidak pernah merasakan kinerja mereka sebagai pejabat publil. Selain itu, responden juga mengaku kebijakan mereka tidak berdampak pada kehidupan masyarakat.

“Artinya mereka popular, namun karyanya tidak dinikmati mayoritas masyarakat Indonesia,” tutur Teguh.

Berbeda dengan Airlangga Hartarto, walaupun hanya 50 persen masyarakat yang mengenal dan tahu tetapi sebanyak 89,8 persen publik menyatakan mereka merasakan dan menikmati kinerja dari kebijakan yang dibuat Menko Perekonomian. 

"Serta kebijakan dan program Airlangga berdampak positif terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat selama era pandemi Covid-19 yang berpengaruh negatif terhadap perekonomian keluarga,” tegasnya.

Di sisi lain, Airlangga juga dinilai berhasil membawa Golkar jaug lebih baik dibandingkan capaian sebelumnya. 

"Airlangga sosok yang tepat menjadi nahkoda partai Golkar karena beliau telah membuktikan dengan kegiatan dan kinerjanya selama ini," ujarnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar