Fadli Zon Tampar Keras Luhut Atas Kenaikan Tarif Candi Borobudur: Menkosaurus yang Bikin Urusan Baru!

Senin, 6 Juni 2022 16:38 WIB

Share
Kolase foto Luhut Binsar Pandjaitan dan Fadli Zon. (Foto: Diolah dari Google).
Kolase foto Luhut Binsar Pandjaitan dan Fadli Zon. (Foto: Diolah dari Google).

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Politikus Partai Gerindra Fadli Zon menyoroti pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan yang merencanakan kenaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur. 

Fadli menyindir keras Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi itu dengan julukan "Menkosaurus", akronim dari Menteri Koordinator Segala Urusan, di mana pekerjaannya selalu menambah urusan baru, sementara urusan yang lebih penting justru tidak diurus.

“Yang perlu diurus tak diurus. Yang tak perlu diurus malah diurus, bikin urusan baru. #Menkosaurus,” ujar Fadli lewat akun Twitternya @fadlizon, dikutip Senin (6/6/2022).

Luhut sebelumnya mengumumkan rencana tarif baru di kawasan wisata Candi Borobudur , Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (3/6/2022) lalu. Tarif baru bakal diberlakukan untuk menekan jumlah pengunjung maksimal sebanyak 1.200 orang per hari.

Dikutip dari akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, untuk naik ke candi Borobudur, wisatawan domestik akan tiket Rp750 ribu per orang.

Wisatawan mancanegara akan dikenai tiket masuk sebesar USD100 per orang, sedangkan pelajar hanya Rp5.000 per orang.

Luhut menjelaskan bahwa pembatasan jumlah pengunjung dan penetapan harga tiket baru itu didasari pertimbangan untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

”Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur,” kata Luhut.(*)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar