ADVERTISEMENT

Demokrat Skakmat Prabowo yang Sebut Presiden Harus Pengalaman: Soekarno, Soeharto, Megawati Sebelumnya Tak Pernah Jadi Presiden!

Minggu, 5 Juni 2022 21:28 WIB

Share
Kolase foto politikus senior Demokrat dan Prabowo Subianto. (Foto: Diolah dari Google).
Kolase foto politikus senior Demokrat dan Prabowo Subianto. (Foto: Diolah dari Google).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Politisi senior Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, tak habis pikir dengan pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menyebut kriteria calon presiden harus memiliki pengalaman.

Ia menilai pernyataan Prabowo itu menyesatkan. Calon harus berpengalaman, menurut dia, tidaklah relevan dengan pengalaman. Sebab, setiap orang berhak memberikan kriteria presiden yang harus dipilih pada saat pemilu.  

"Bung Karno sebelumnya juga tidak jadi presiden. Kemudian Pak Harto, juga tidak pernah jadi wakil presiden, kemudian Ibu Megawati tidak pernah menjadi menteri, termasuk Pak Jokowi," kata Syarief dalam diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (4/6/2022).

Syarief menambahkan, "Pak Jokowi hanya memimpin Solo yang relatif penduduknya kecil, bahkan Kota Bogor mungkin lebih banyak penduduknya, toh bisa jadi presiden."

Syarief menekankan bahwa siapapun yang menjadi presiden tergantung pilihan rakyat. Bukan tergantung pada kriteria yang diatur elit.

"Semua orang bisa memberikan kriteria yang diinginkan tetapi lagi-lagi semua tergantung kepada rakyat," tukasnya.

Kriteria capres diungkap Prabowo usai bertemu Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (1/6/2022) lalu. Menurut Prabowo, kriteria sosok capres 2024 tidak mesti seperti dirinya.

Prabowo menjawab kriteria sosok capres versi dirinya adalah warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, dan sebagainya. Ucapan Prabowo itu disambut gelak tawa elite Gerindra dan Nasdem yang hadir dalam pertemuan.

"Tapi intinya saya kira, kita harus ada sosok yang sungguh-sungguh komit dan setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar '45, seutuhnya, tidak sebagai mantra, tapi seutuhnya. Saya kira itu kriteria paling penting," kata Prabowo.

"Dan juga kalau bisa yang berpengalaman," ucap Prabowo kemudian bicara dengan jajaran elite NasDem dan Gerindra di belakangnya disambut gelak tawa.(*)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT