Kebiasaan Ini Dapat Merusak Gigi, Salah Satunya Mengunyah Es Batu

Sabtu, 4 Juni 2022 18:38 WIB

Share
Illustrasi Sakit Gigi (Foto: Pixabay)
Illustrasi Sakit Gigi (Foto: Pixabay)

Permen karet tanpa gula adalah pilihan yang lebih baik daripada mengigit pensil. Sebab, akan memicu aliran air liur yang dapat membuat gigi lebih kuat dan melindungi dari asam pemakan email.

  1. Membuka Tutup Botol dengan Gigi

Membuka tutup botol atau kemasan plastik dengan gigi mungkin nyaman, tetapi ini adalah salah satu kebiasaan yang menimbulkan kerusakan pada gigi, salah satunya gigi patah.

Sebagai gantinya, siapkan gunting dan pembuka botol. Intinya, gigi Anda hanya boleh digunakan untuk makan.

  1. Makan Manis Berlebihan

Konsumsi makanan manis berlebihan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyerang gigi sehingga berisiko lebih tinggi berlubang dan ompong. Sebab, terdapat asam kuat yang ada dalam makanan tersebut.

Cara mengatasinya, Konsumsi makanan bernutrisi seimbang. Pilih camilan yang rendah gula dan lemak. Saat makan makanan manis, minum air dan berkumur-kumur untuk membersihkan sisa makanan.

  1. Mengkonsumsi Soda Berlebihan

Gabungan dari kandungan gula dan asam yang terlalu banyak pada soda adalah paduan senyawa yang bisa merusak gigi dalam sekejap.

Zat gula dan kandungan asam tersebut bisa membuat enamel mudah rusak dan mengundang pembusukan, juga membuat gigi lebih sensitif.

Untuk lebih aman, minumlah air soda menggunakan sedotan sehingga air soda tak banyak mengontaminasi gigi.

  1. Olahraga Tanpa Menggunakan Pengaman Gigi

Kamu sebaiknya jangan mengikuti permainan atau olahraga seperti bermain sepak bola, hockey, atau lainnya tanpa pelindung mulut.

Menggunakan pelindung mulut merupakan bagian dari cetakan plastik yang melindungi barisan atas gigi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar